Bisnis  

Mengenal Dynamic Island, “Poni” Baru di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max

Mengenal Dynamic Island, “Poni” Baru di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max
Mengenal Dynamic Island, “Poni” Baru di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max

KOMPAS.com – Apple resmi merilis empat model iPhone 14 Series dalam acara “Apple Event” pada Kamis (8/9/2022) pukul 00.00 WIB. iPhone 14 series terdiri dari iPhone 14 versi “reguler”, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Dari keempatnya, dua model “Pro” kini hadir dengan desain yang lebih segar dan menarik. Pasalnya, Apple melakukan perombakan besar untuk desain poni (notch) di layar iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Sekarang, duo iPhone 14 versi “Pro” itu memiliki poni berbentuk menyerupai pil atau oval. Poni tersebut terlihat “mengambang” di layar bagian atas ponsel. Apple menyebut notch baru pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max itu sebagai “Dynamic Island”.

Dengan begitu, Dynamic Island resmi menggantikan desain poni “menempel” yang sudah menjadi ciri khas iPhone sejak perilisan iPhone X (2017) hingga terakhir iPhone 13 Series (2021).

Poni Dynamic Island tersebut menampung komponen Face ID dan kamera depan TrueDepth 12 MP (f/1.9).

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Dynamic Island yang interaktif

YouTube/ Apple Ilustrasi animasi-animasi yang ditampilkan pada poni interaktif Dynamic Island pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Yang paling menarik, Dynamic Island juga dirancang sebagai notch yang interaktif dan dinamis, seperti namanya.

Berkat dukungan chip terbaru Apple A16 Bionic dan iOS 16, Dynamic Island mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background). Misalnya, aplikasi maps, musik, timer, perekam audio, hingga aplikasi pihak ketiga.

Animasi yang ditampilkan nantinya akan disesuaikan dengan aplikasi yang sedang dibuka pengguna. Sehingga, bentuk Dynamic Island bakal bisa melebar bahkan memunculkan animasi “lingkaran” baru di samping poni.

Ilustrasi Dynamic Island pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max yang bisa menampilkan animasi musik (atas). Ketika ditekan lama, animasi akan menampilkan menu lain dari aplikasi musik (bawah).YouTube/ Apple Ilustrasi Dynamic Island pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max yang bisa menampilkan animasi musik (atas). Ketika ditekan lama, animasi akan menampilkan menu lain dari aplikasi musik (bawah).

Sebagai gambaran, ketika pengguna menyetel musik di background, pengguna bakal melihat animasi gambar sampul musik yang sedang diputar di Dynamic Island.

Ketika animasi ditekan lama, pengguna bakal melihat informasi musik yang sedang diputar lengkap dengan menu pengaturan untuk musik (next, previous, stop).

Lalu, bentuk pil Dynamic Island juga bakal “meluas” hampir memenuhi layar bagian atas ketika ada notifikasi panggilan masuk. Dari situ, pengguna bisa mengetahui penelepon dan ada opsi menolak atau menerima panggilan.

Baca juga: iPhone 14 Plus Resmi Dirilis, Gantikan Model iPhone Mini

Ketika menggunakan aplikasi maps, penguna juga bisa melihat informasi navigasi langsung dari Dynamic Island.

Ketika pengguna menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di background, misalnya memutar musik dan menyalakan timer, maka Dynamic Island bakal menampilkan animasi pil memanjang untuk musik dan animasi lingkaran untuk timer.

Pengguna selalu bisa menekan animasi tersebut untuk melihat lebih banyak opsi atau kembali ke aplikasi utamanya.

Tak hanya aplikasi bawaan, Dynamic Island juga bisa bekerja untuk menampilkan animasi dari aplikasi pihak ketiga. Misalnya, seperti aplikasi skor olahraga hingga aplikasi ride-hailing.

Dynamic Island juga bakal memunculkan animasi untuk beberapa alert dan pemberitahuan, seperti ketika iPhone pengguna terhubung ke AirPods, ketika ponsel diubah ke mode diam (silent), serta ketika iPhone dicas, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Apple, Kamis (8/9/2022).

Fitur Dynamic Island ini hanya tersedia eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Selain Dynamic Island, duo model iPhone “Pro” ini juga akhirnya dibekali fitur Always-On Display.

Baca juga: Apple Watch Ultra Meluncur, Bisa Dipakai Menyelam di Laut

Spesifikasi lengkap iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max bisa dibaca selengkapnya melalui artikel berikut, sementara harga keduanya bisa disimak melalui artikel ini.

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas, berikut KompasTekno sertakan beberapa video ilustrasi cara kerja poni interaktif Dynamic Island pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Artikel bersumber dari Kompas.com

Tinggalkan Balasan