28 Negara Antre Jadi Pasien IMF, Luhut: Kita Jauh dari Itu!

28 Negara Antre Jadi Pasien IMF, Luhut: Kita Jauh dari Itu!
28 Negara Antre Jadi Pasien IMF, Luhut: Kita Jauh dari Itu!

idfakta.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Indonesia tidak ikut antre jadi pasien Dana Moneter Internasional (IMF). Hal ini meneruskan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tadi presiden sampaikan ada 28 negara sekarang yang sudah antre masuk IMF. Kita jauh dari itu,” kata Luhut kepada wartawan di Jakarta Convention Center, Selasa (11/10/2022).

Menurut Luhut, hal itu karena Indonesia optimistis mampu menjaga ketahanan perekonomian pasca pandemi COVID-19. Optimisme dan menjaga kekompakan dinilai penting dalam menghadapi ketidakpastian global.

“Kalau kita semua kompak, seperti yang presiden sampaikan tadi waktu kita tangani COVID pastilah kita juga bisa keluar dari sini. Jadi semua tergantung kita, harus optimis,” tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi mengingatkan bahwa kondisi krisis ekonomi global lebih sulit diprediksi dan penuh ketidakpastian. Orang nomor satu di Indonesia itu mendapat bisikan dari Washington DC, Amerika Serikat (AS) bahwa ada 28 negara sudah antre di IMF.

“Pagi tadi saya dapat informasi pertemuan di DC, 28 negara sudah antre di markasnya IMF, menjadi pasien,” tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, perubahan iklim yang ditandai dengan banyaknya bencana alam, ditambah konflik geopolitik menjadi dalang terkontraksinya ekonomi. Salah satu yang menjadi perhatian saat ini adalah perang Rusia-Ukraina yang masih berlangsung.

“Yang lebih penting hati-hati dan waspada. Eling lan waspodo,” imbuhnya.