Catat! Zulhas Janji Mau Permudah Syarat Subsidi Kedelai Rp 1.000/Kg

Catat! Zulhas Janji Mau Permudah Syarat Subsidi Kedelai Rp 1.000/Kg
Catat! Zulhas Janji Mau Permudah Syarat Subsidi Kedelai Rp 1.000/Kg

idfakta.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan tengah mengusulkan syarat bantuan selisih harga kedelai dipermudah. Sebab hingga saat ini penyaluran bantuan tersebut masih sangat kecil.

Pria yang akrab disapa Zulhas ini mengatakan, bantuan yang disalurkan saat ini baru di kisaran 10% hingga 20%. Bantuan ini sendiri diberikan untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat perajin.

“Baru kepakai 10-20%, maka saya lagi usul agar dipermudah syarat-syaratnya untuk dapat Rp 1.000 itu jangan sampai orang mesti punya ini, punya ini, maksudnya subsidi harga saja,” katanya di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Dia mengatakan, bantuan selisih harga Rp 1.000/kg ini akan dilanjutkan pemerintah hingga akhir tahun ini.

Kedelai juga sama selisih harga disubsidi masih berlaku sampai Desember jadi selisih harga dibantu pemerintah Rp 1.000,” katanya.

Untuk diketahui, Zulhas sebelumnya menegaskan, pihaknya akan melanjutkan program bantuan pembelian selisih harga kedelai di tingkat perajin tahu tempe hingga akhir 2022. Harapannya para perajin tahu tempe dapat terus berproduksi sehingga kebutuhan protein nabati masyarakat dapat terpenuhi.

Hal ini ditegaskan Zulhas saat melakukan pertemuan dengan perajin tahu tempe di Kantor Pusat Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Puskopti) Bandar Lampung, Provinsi Lampung, pada Jumat (30/9).

“Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program bantuan selisih harga pembelian bahan baku kedelai untuk perajin tahu tempe sebesar Rp1.000/kg sampai akhir Desember 2022. Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat perajin yang mengalami kenaikan,” katanya dalam keterangan resmi.