Komite Penanganan COVID-19 Berakhir Tahun Ini, Pandemi Hilang?

idfakta.com – Pemerintah menyatakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bakal selesai tugasnya akhir tahun ini. Keputusan ini diambil seiring dengan makin landainya kasus COVID-19 di Indonesia.

Lalu apakah dengan dibubarkannya KPCPEN di akhir tahun ini, status pandemi akan hilang di Indonesia?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan urusan status pandemi semuanya ditentukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Hanya saja dia optimis soal penanganan pandemi, Indonesia menjadi negara paling maju saat ini.

“Kapan pandemi selesai? Ini sifatnya kan dunia, kita nggak bisa bilang pandemi selesai aja. Kita harus sama-sama dengan WHO, kita tunggu lah. Cuma informasinya kita masuk yang terdepan dalam status pandemi,” ungkap Budi Gunadi ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Selasa (20/12/2022).

Dia menjelaskan level pandemi di Indonesia sudah sangat rendah. Dia menjelaskan standar WHO bila jumlah kasus COVID-19 di bawah 20 kasus per 100 ribu penduduk per minggu masuk ke dalam level 1.

Kemudian, bila pasien masuk rumah sakit 5 orang per 100 ribu per minggu dan bila angka korban meninggal ada 1 per 100 ribu per minggu juga masuk ke level 1. Nah di Indonesia, kata Budi Gunadi, berada di bawah batasan-batasan tersebut.

“Kalau di bawah tresshold itu masuk level 1. Sampai sekarang Indonesia masih di level 1. Hampir 12 bulan,” ujar Budi Gunadi.

Di sisi lain, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) akan selesai pekerjaannya akhir tahun ini. Kemungkinan besar komite itu akan dibubarkan akhir tahun ini.

“KPCPEN itu akan selesai semuanya di akhir tahun ini,” ungkap Airlangga Hartarto dalam agenda yang sama.

error: Content is protected !!