Luhut Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Diuji Coba pada November 2022

Luhut Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Diuji Coba pada November 2022
Luhut Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Diuji Coba pada November 2022

idfakta.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang bakal diuji coba pada November 2022.

Rencananya uji dinamis akan dilakukan bersamaan dengan peninjauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping ke proyek tersebut.

“Ya bisa (diuji coba oleh Jokowi dan Xi Jinping), masak enggak bisa,” ujarnya saat ditemui di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Menurutnya, progres pengerjaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung berjalan dengan baik, sehingga diyakini uji dinamis yang rencananya dilakukan pada 16 November 2022 dapat dilaksanakan.

“Bagus (progresnya), bahkan harusnya saya hari ini pergi meninjau persiapan dynamic test-nya, karena dynamic test itu harus terjadi tanggal 16 November,” kata Luhut.

Sebelumnya, Jokowi dan Xi Jinping dijadwalkan melakukan kunjungan ke Depo Tegalluar untuk melihat teknologi kereta inspeksi pada November mendatang. Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung pun telah menyelesaikan pemasangan rel atau track laying yang digunakan untuk uji dinamis.

“Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping direncanakan untuk mengikuti uji dinamis dengan menggunakan kereta inspeksi sepanjang 15 kilometer dengan kecepatan terbatas. Jadi November mendatang showcase untuk G20,” ujar Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Rahadian Ratry kepada Kompas.com, Minggu (9/10/2022).