Luhut Sebut Ada Kepala Negara Bawa Tiga Pesawat ke Bali Saat KTT G20

Luhut Sebut Ada Kepala Negara Bawa Tiga Pesawat ke Bali Saat KTT G20
Luhut Sebut Ada Kepala Negara Bawa Tiga Pesawat ke Bali Saat KTT G20

idfakta.com – Pemerintah tengah membahas teknis parkir pesawat para kepala negara yang akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Sebab banyak delegasi yang ingin parkir pesawat di Bali karena dekat dengan lokasi acara.

Bahkan kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan , ada kepala negara yang berencana datang dengan tiga pesawat. Padahal, kapasitas parkir pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai terbatas.

“Ini kami mau rapat mengenai parkir pesawatnya ini bagaimana. Karena ada kepala negara yang bawa tiga pesawat, padahal kan kemampuan parking space di sana terbatas juga,” ujarnya saat ditemui di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Menurutnya, selain Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, pemerintah juga akan mempersiapkan bandara terdekat lainnya untuk menjadi tempat parkir pesawat para delegasi.

Setidaknya ada tiga bandara lain yang akan digunakan yakni Bandara Internasional Lombok, Bandara Internasional Banyuwangi, dan Bandara Internasional Juanda di Surabaya.

“Jadi kita mau atur, sebagian setelah dia (pesawat) drop passengers-nya, mungkin akan kita taruh di Lombok, Surabaya, atau di Banyuwangi,” kata Luhut.


Di sisi lain, Luhut menambahkan, saat ini jumlah pesawat yang terbang ke Bali terus meningkat seiring dengan pemulihan sektor pariwisata. Oleh sebab itu, pada saat perhelatan KTT G20 diperlukan teknis pengaturan yang tepat untuk mengakomodir pesawat-pesawat yang terbang ke Bali.

“Pesawat yang masuk ke Bali itu sudah naik 132 persen di dua minggu lalu, dan sekarang saya enggak tahu sudah berapa,” ucapnya.