Penerapan Manajemen Risiko dan Jasa Broker Asuransi Jadi Kunci Korporasi Hadapi Tantangan di Masa Depan

Penerapan Manajemen Risiko dan Jasa Broker Asuransi Jadi Kunci Korporasi Hadapi Tantangan di Masa Depan
Penerapan Manajemen Risiko dan Jasa Broker Asuransi Jadi Kunci Korporasi Hadapi Tantangan di Masa Depan

idfakta.com – Perusahaan dari beragam skala di Asia, termasuk Indonesia, menghadapi risiko operasional, keuangan, kepatuhan, dan bisnis strategis yang lebih kompleks dan berkembang.

Sebab, ancaman risiko akan terus menghantui laju bisnis. Untuk mengelola potensi risiko tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan perusahaan, mulai dari melakukan manajemen risiko yang efektif hingga mentransfer risiko melalui kepemilikan asuransi untuk meminimalisasi kerugian finansial yang dapat terjadi.

Perlu diketahui, manajemen risiko memiliki peranan penting untuk melindungi perusahaan secara keseluruhan.

Melalui manajemen risiko yang efektif, perusahaan dapat memiliki pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan juga meminimalisasi potensi risiko yang muncul di masa depan.

Dengan begitu, perusahaan dapat menciptakan nilai yang tidak hanya bermanfaat pada bisnis, tetapi juga bagi karyawan, pemegang saham, pelanggan, dan juga industri.

Pada dasarnya, tiap perusahaan memiliki profil risiko yang berbeda sesuai dengan model bisnis dan industri yang digelutinya. Profil ini sebaiknya sudah diketahui sejak awal bisnis dijalankan.

Profil risiko perlu diketahui sejak awal untuk mengidentifikasi, mengukur, dan memitigasi potensi risiko bisnis.

Dengan mengetahui profil risiko, perusahaan dapat bermitra dengan yang berkomitmen untuk memberikan saran dan solusi risiko yang holistik dan komprehensif.

Peran broker asuransi

Sebagai informasi, broker asuransi punya peran bagi perusahaan untuk membantu mengidentifikasi, mengukur, dan memitigasi risiko, serta memberikan solusi transfer risiko, melalui asuransi bisnis.

Mulanya, broker asuransi akan membantu mulai dari mendesain program asuransi dan manfaat yang sesuai dengan profil risiko bisnis perusahaan, mencarikan perusahaan asuransi yang tepat, membantu memberikan advokasi ketika terjadi klaim, hingga melaporkan kesesuaian polis dengan prosedur manajemen risiko.

Sejalan dengan itu, Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (Apparindo) optimistis bahwa kontribusi broker asuransi
mampu memengaruhi laju pertumbuhan pada industri di Indonesia yang positif pada 2022.

Catatan Apparindo pada pertengahan 2022, perolehan premi asuransi telah mencapai 9,74 persen. Hal ini membuktikan bahwa broker asuransi berperan besar terhadap keberhasilan berbagai jenis industri di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih dalam, berikut keuntungan menggunakan broker asuransi bagi perusahaan.

Pertama, broker asuransi memiliki keahlian dan pengetahuan yang tepat terkait bisnis perusahaan sehingga mampu mengidentifikasi area pertanggungan yang mungkin terlewatkan bagi manajemen perusahaan, tapi rentan risiko.

Kedua, mampu memberi perlindungan asuransi yang tepat. Broker asuransi dapat mendesain program asuransi dan mencari perusahaan asuransi yang paling tepat, sehingga Anda tetap bisa fokus menjalani bisnis.

Ketiga, siap memberikan pelayanan terbaik dalam jangka panjang. Ketika membeli polis, broker asuransi akan terus memantau cakupan perlindungan dan juga ketentuan kebijakan yang sesuai dengan kondisi pasar saat itu.

Keempat, dapat melayani konsultasi saat pengajuan klaim. Dengan memakai jasa broker asuransi, Anda dapat menerima konsultasi untuk menyelesaikan klaim.

Kelima, broker asuransi mempunyai kerja sama lebih dari satu perusahaan asuransi. Dengan begitu, broker akan memastikan bahwa Anda mendapatkan perlindungan yang terbaik.

Keenam, mampu membantu pebisnis membuat keputusan. Broker asuransi berperan sebagai konsultan yang dapat memandu Anda dalam menjalani bisnis.

Ketujuh, menginformasikan perkembangan industri asuransi yang dapat meminimalisasi risiko bisnis. Broker asuransi dapat melakukan penelitian industri mengenai potensi risiko dan juga informasi tentang perkembangan industri asuransi.

Nah itulah tujuh manfaat menggunakan layanan broker asuransi bagi perusahaan. Untuk mempermudah pebisnis mengenali potensi risiko bisnis, Anda dapat mencoba layanan gratis berupa (business risk assessment tools) secara online dari Marsh Risk Explorer and Risk Explorer Compact, yang disediakan oleh Marsh.

Alat tersebut terbukti membantu perusahaan meningkatkan kesiapan dan ketahanan bisnis.

Sebagai informasi, Marsh adalah perusahaan broker asuransi dan konsultan risiko yang telah beroperasi di 130 negara selama lebih dari 151 tahun. Di Indonesia, kiprahnya sudah lebih dari 39 tahun dan berpengalaman membantu ribuan perusahaan.

Terkait layanan alat penilaian risiko bisnis tersebut, Anda dapat menghubungi tim Marsh Indonesia.