Pesan Jokowi ke Menko PMK: Jangan Sampai Ada yang Lolos Bansos!

Pesan Jokowi ke Menko PMK: Jangan Sampai Ada yang Lolos Bansos!
Pesan Jokowi ke Menko PMK: Jangan Sampai Ada yang Lolos Bansos!

idfakta.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy untuk mendata secara detail masyarakat yang harus mendapat bantuan sosial (bansos).

Hal itu dikatakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Selasa (11/10) secara tertutup. Rapat baru diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/10/2022).

“Kepada Menko PMK yang berkaitan dengan dampak dari gejolak ekonomi yang berkaitan dengan kemiskinan ini betul-betul tolong dilihat secara detail,” kata Jokowi.

Jokowi minta jangan sampai ada satu pun masyarakat miskin yang lolos sebagai penerima bansos. Jika anggaran yang sudah disediakan masih kurang, dirinya bakal menggelar rapat kembali dan mencari solusi.

“Jangan sampai ada yang lolos dari bantuan sosial, bansos kita. Kalau memang kurang kita rapatkan lagi, kita meeting-kan lagi seperti apa solusinya,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu juga Jokowi meminta kepada jajarannya untuk konsentrasi dan fokus pada tugas masing-masing. Implementasi dari program yang ada diminta agar dilihat betul manfaatnya ke masyarakat.

“Bermanfaat real atau nggak, kalau nggak bisa dibelokkan ke hal-hal yang real,” pintanya.