Polling: Setuju Nggak Parkir di Alfamart dan Indomaret Gratis?

Polling: Setuju Nggak Parkir di Alfamart dan Indomaret Gratis?
Polling: Setuju Nggak Parkir di Alfamart dan Indomaret Gratis?

idfakta.com – Perkara biaya parkir di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret sempat naik ke permukaan lagi setelah viralnya kasus netizen yang dipungut parkir Rp 15.000.

Padahal, hampir di seluruh gerai kedua minimarket tersebut telah menerapkan kebijakan biaya parkir gratis. Lantas, mengapa masih ada juru parkir yang nangkring di depan minimarket?

Salah seorang tukang parkir di gerai Alfamart kawasan Jakarta Selatan mengaku bernama Edi menjelaskan perannya penting dalam menjaga ketertiban dan keamanan parkir. Edi yang telah menjadi tukang parkir sekitar tiga tahun mengaku mengetahui kebijakan parkir gratis di gerai yang ia jaga.

Namun, ketentuan parkir gratis disebutnya hanya berlaku untuk kurir pengantar barang.

“Saya pernah ngobrol sama Alfa sini. Jadi yang gratis buat yang nganter barang aja. Jadi dari Alfanya yang jelasin ke customer,” ujar Edi kepada detikcom, Senin (5/9/2022).

“Yang penting kendaraan aman kalo kata Alfa. Jadi nggak ada yang kehilangan alhamdulillah ampe sekarang. Pengunjung juga nggak pernah ada yang protes,” sambung Edi.

Sementara Ahmad yang mengakut telah 5 tahun menjadi tukang parkir di sebuah gerai Indomaret kawasan Jakarta Selatan mengaku tidak mematok tarif tertentu.

Bahkan, katanya, tidak masalah jika ada pengunjung tidak membayar.

“Saya pun disini nggak dipaksakan. Tapi kan saya di sini menjaga, takutnya ada apa-apa. Sebenarnya orang parkir di sini nggak diwajibin bayar. Kesadaran aja, asal bilang terima kasih aja pun udah tenang nggak apa-apa,” ungkap Ahmad.

Sementara untuk koordinasi dengan pihak Indomaret, ia mengaku tidak pernah ada masalah. Ia bahkan kerap kali bertemu dengan pihak keamanan dari Indomaret yang melakukan kunjungan dua bulan sekali.

Di sisi lain, pemerintah baru saja menaikkan harga BBM, salah satunya Pertalite yang banyak dikonsumsi masyarakat. Seharusnya, mengacu pada kondisi sekarang, parkir di Alfamart dan Indomaret gratis.