Sepanjang 2022, Grup “Angel Investor” eMerge Tuntaskan Investasi ke 5 “Startup”

idfakta.com – Sepanjang 2022, eMerge, platform bentukan MDI ventures , menuntaskan investasi ke 5 startup, yakni GOX, Swoop Move, Jobseeker, Kecilin.id, dan Gaspack.

eMerge juga jadi network angel investor paling aktif di Indonesia sepanjang 2022, dengan total 77 angel investor yang tergabung di dalamnya.

eMerge beroperasi dengan menjembatani kebutuhan dana dari para founder startup dengan angel investor yang tertarik untuk menginvestasikan dananya.

Misal, para High Net-worth Individuals, perusahaan keluarga, founder startup, maupun pebisnis yang mempunyai ketertarikan tinggi pada sektor teknologi.

Dengan nominal 10 ribu dollar AS (atau sekitar Rp 150 juta), calon angel investor sudah bisa mulai menginvestasikan dananya di startup terpilih.

“Salah satu keunggulan bergabung dengan network seperti eMerge adalah investor bisa berkenalan dengan sesama angel investor yang dapat membantu menilai apakah investasi di startup tertentu akan sepadan dengan hasil akhirnya,” ungkap Sarah Usman, Partner eMerge, melalui keterangannya, Selasa (20/12/2022).

“Sebagian besar angel investor adalah pemain kawakan di industrinya masing-masing, sehingga penilaian mereka sangat bisa diandalkan,” lanjutnya.

Catatan eMerge, dari 77 angel investor, mayoritas berasal dari latar belakang industri keuangan (28,21 persen), FMCG (15,38 persen), media (10,26 persen), dan teknologi (10,26 persen).

Selama tahun 2022, eMerge tercatat telah menyalurkan total investasi lebih dari 2 juta dollar AS (atau sekitar Rp 30 miliar).

Sarah menambahkan, network eMerge akan semakin aktif berkembang di tahun 2023, terutama melihat masih banyaknya startup yang bermunculan yang membutuhkan dana segar dan mentor untuk pengembangan bisnisnya.

Keunggulan eMerge

Carlson Lau, Managing Director Northstar menyebutkan, eMerge menjadi wadah penting dimana para angel investor bisa bertemu, berinvestasi, dan menjadi mentor untuk startup yang sedang naik daun di Indonesia.

“Tim manajemen eMerge memiliki insting yang jeli dalam mengkurasi startup dan memfasilitasi berbagai pertemuan antara komunitas startup dan investor – sehingga kedua belah pihak dapat memperluas network dan bertukar ide,” tambahnya.

Sementara Vincent Tjendra, Co-Founder & CEO Astro mengatakan, eMerge sangat helpful dalam menghubungkan angel investor dengan startup berkualitas tinggi.

“Tim manajemen eMerge selalu menyediakan due diligence yang detail sebelum investasi, serta menyediakan update berkala tentang kondisi startup pasca investasi, untuk memastikan investasi berjalan lancar bagi kedua belah pihak,” kata Vincent.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!