HUB.ID Accelerator 2022 Gelar Business Matchmaking 24 Startup

HUB.ID Accelerator 2022 Gelar Business Matchmaking 24 Startup
HUB.ID Accelerator 2022 Gelar Business Matchmaking 24 Startup

idfakta.com – g src=”https://foto.kontan.co.id/kiSGfZ-g6npdGMai_Az9oo8ci_k=/smart/2021/11/14/180705279t.jpg”>

JAKARTA. Sebanyak 24 startup yang telah terpilih dalam program HUB.ID Accelerator 2022 telah memasuki tahap business matchmaking. Dalam fase ini, startup terpilih dipertemukan dengan mitra dari pemerintah, BUMN, korporasi swasta, hingga investor.

Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), I Nyoman Adhiarna menjelaskan bahwa objektif dari program ini adalah memfasilitasi startup unggulan yang telah lolos tahap kurasi serta proses mentoring untuk mengikuti pitching session.

“Harapannya para peserta juga dapat memperoleh berbagai akses terhadap pendanaan, mentorong, hingga peluang kemitraan atau kerja sama bisnis,” ungkap Nyoman, Jumat (26/8).

HUB.ID Accelerator 2022 menghadirkan sejumlah tokoh yang mewakili sektor pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan investor. Total mitra yang diundang dalam business matchmaking ini berjumlah 34 mitra, termasuk empat perwakilan dari pemerintah dan 30 perwakilan dari industri.

“Sejalan dengan tujuan utama kelahiran program HUB.ID Accelerator yang diadakan Kemenkominfo ini, kami berupaya untuk memajukan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia agar lebih luas dan merata,” imbuh Nyoman.

Secara rinci, Nyoman membeberkan bahwa dari vertikal agriculture dan aquaculture, mitra yang dihadirkan antara lain Berdikari, Kementerian Perdagangan, Perindo, Perhutani, Telkom Agree, Kementerian Pertanian, dan Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia (JP2GI).

Lalu dari vertikal financial services, HUB.ID Accelerator 20222 menghadirkan perwakilan dari BNI, LinkAja, BRI Agro, Tugu Insurance, Telkom Tribe Fintech & Integration, serta Bank Syariah Indonesia.

Selanjutnya di vertikal B2B/enterprise solutions, ada PTPP, PT PP Presisi, Pertamedika, Kalla Group, Telkomsel IoT, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Infomedia.

Dari vertikal SME Enabler, mitra yang hadir merupakan perwakilan dari InJourney, Hotel Inna Group, Bukalapak, Evermos, PadiUMKM, 99% Usahaku, Kemenkop, dan GoTo.

Kemudian dari vertikal logistics, HUB.ID Accelerator 2022 menghadirkan SiCepat, Telkom Tribe Logee, TIKI, JNE, Patra Logistik, Bosnet, Pelni, Posindo, dan Kereta Api Indonesia.

Melanjutkan tahap business matchmaking ini, 24 startup terpilih juga akan difasilitasi oleh Kemenkominfo mengikuti rangkaian program selanjutnya. Yaitu networking session, pitch training, demo pay dan global immersion, yang berlangsung hingga Oktober 2022 mendatang.