Nadiem Makarim: Kebanyakan Orang yang Gagal Bangun Perusahaan karena Menyerah Terlalu Cepat

idfakta.com – Founder Gojek yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim berujar sejak kecil tidak pernah punya cita-cita, tetapi ia sangat suka menciptakan sesuatu yang ia mulai dengan bermain lego.

Dalam video YouTube LINE INDONESIA yang bertajuk “LINE Live Cast: Nadiem Makarim – Entrepreneurship 101” Nadiem bercerita bahwa ia saat kecil sulit diatur dan tak suka aturan. Namun, ia cukup disiplin dalam mengerjakan kewajiban seperti tugas sekolah dan lain sebagainya.

Pria lulusan Hubungan Internasional ini sangat mencintai Tanah Air. Sejauh apapun pergi dari Indonesia, Nadiem selalu kembali ke Jakarta. Sekalipun libur kuliah dari Universitas Brown, Amerika Serikat, Nadiem selalu liburan ke Jakarta.

Bagi Nadiem, kuliah hanya tempat belajar, akan melakukan apa setelahnya itu semua kembali ke tujuan hidup orang itu sendiri. Meski mendirikan superapp seperti GoJek, yang mana berbasis teknologi, Nadiem masih belum mengerti coding. Semuanya Nadiem pelajari dari nol.

GoJek berasal dari pengalaman Nadiem sendiri yang sering menggunakan jasa ojek karena ia orang yang tidak sabaran. Meskipun memiliki mobil sendiri atau seorang sopir, Nadiem tetap lebih suka berpergian dengan ojek langganan.

Sayangnya, di saat Nadiem sedang butuh, ojek langganannya sering sedang mengantar penumpang. Dari sanalah Nadiem berpikir untuk menciptakan aplikasi yang bisa memanggil ojek.

Ide tersebut muncul saat Nadiem mengambil S2 di luar negeri. Meski di luar negeri sekalipun, Nadiem tetap memikirkan Jakarta. Nadiem berpikir bahwa ojek sejatinya tak hanya bisa mengantar orang, tetapi juga makanan bahkan barang, sehingga mereka bisa lebih produktif dan meningkatkan penghasilan.

error: Content is protected !!