Apa Bedanya Reksadana Saham dengan Investasi Saham?

idfakta.com – Tahukah Anda: Investasi Reksa Dana Saham (RDS) berbeda dengan Investasi Saham. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas topik yang sering membingungkan orang: investasi reksa dana saham berbeda dengan investasi saham.

Investasi Reksa Dana Saham berbeda dengan Investasi Saham

FInansialku akan mengutip sebuah quote dari Ron Chernow yang mengatakan:

English

Mutual funds have historically offered safety and diversification. And they spare you the responsibility of picking individual stocks.

Ron Chernow

Indonesia

Reksa Dana secara historis menawarkan keamanan dan diversifikasi. Reksa dana mengambil alih tanggung jawab Anda untuk memilih saham.

Ron Chernow

Tampaknya quote dari Ron Chernow cukup membingungkan, ya. Apa, sih yang dimaksud dengan investasi RDS dan apa bedanya dengan saham?

Sebelumnya, jika Sobat Finansialku belum mengenal RDS, dapat mendengarkan audiobook yang sudah disiapkan oleh Finansialku dengan menekan gambar berikut ini.

RDS adalah portofolio investasi yang isinya minimal 80% saham. Pada umumnya sisanya adalah obligasi (surat utang). Di dalam RDS terdapat beberapa saham perusahaan. RDS dikelola oleh perusahaan yang disebut Manajer Investasi.

Saham adalah tanda bukti kepemilikan Anda pada sebuah perusahaan. Jika Anda berinvestasi saham, berarti Anda berinvestasi pada sebuah perusahaan.

Perbedaan yang Jelas antara RDS dan Investasi Saham adalah: Jika Anda membeli RDS, Anda akan banyak terbantu. Anda tidak perlu repot melakukan analisis saham yang harus di beli, berapa proposi saham yang harus dibeli dan lain sebagainya.

Investasi di RDS memberikan keuntungan diservifikasi dengan dana yang lebih kecil. Ketika Anda membeli sebuah reksadana saham, Anda membeli sebuah portofolio yang di dalamnya berisi saham-saham perusahaan.

Jika Anda seorang investor saham individual, Anda harus mempelajari analisis teknikal dan analisis fundamental untuk memilih saham. Mengelola keuangan dan risikonya.

[Baca Juga: FAQ Reksa Dana Saham]

Apakah investasi reksa dana saham lebih menguntungkan daripada saham individual? Jawabannya Tergantung, jika Anda memang memiliki kemampuan untuk mengelolanya sendiri, investasi di saham individual mampu menghasilkan return yang lebih besar.

Sebaliknya jika Anda adalah seorang pemula, reksa dana saham lebih baik dibandingkan dengan investasi saham.

Baik Investasi reksa dana saham maupun investasi saham sama-sama memiliki risiko. Jadi hal yang harus kita lakukan adalah: bagaimana cara mengelola risiko dan berusaha mengendalikan investasi kita.

Kesimpulan

Investasi pada reksa dana saham dan saham sebagai investor individu sangat berbeda. Reksa dana saham memberikan kemudahan dan sekaligus diservifikasi. Investasi saham sebagai investor individu memberikan kebebasan untuk memilih saham.

Apakah Anda masih punya pertanyaan terkait topik di atas? Jangan ragu untuk tuliskan pertanyaan tersebut di kolom komentar, ya!

Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman atau saudara yang membutuhkan informasi terkait lewat pilihan platform media sosial yang tersedia di samping ini.