idfakta.com – JAKARTA, Maskapai penerbangan Garuda Indonesia berencana menyewa sejumlah pesawat yang akan dioperasikan untuk melayani jemaah haji 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan bahwa rencana penyewaan pesawat tersebut dilakukan karena jumlah pesawat Garuda Indonesia yang dapat melayani penerbangan haji 2023 belum banyak.

Dia menjelaskan, Garuda Indonesia sudah berkordinasi dengan para ahli penerbangan, karena mempertimbangkan waktu penerbangan yang sekitar 9 jam, sehingga batas antar kursi penting, begitu juga dengan jumlah toilet.

“Apabila Garuda dipercayakan untuk 15 pesawat, kita tidak punya pesawat sebanyak itu saat ini, sehingga kita membutuhkan penyewaan pesawat dalam waktu terbatas di musim haju seperti yang dilakukan musim haji di masa lalu,” kata Irfan, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VIII DPR, Kamis (26/1/2023).

Dia mengungkapkan, 15 pesawat tersebut jika dengan menggunakan asumsi jumlah jemaah haji pada 2019, maka akan terdiri dari 8 unit pesawat berjenis Boeing 777 dengan kapasitas 393 tempat duduk. Kemudian, Garuda juga akan mengoperasikan 7 unit pesawat Airbus yang berkapasitas 360 tempat duduk.

“Ini sesuai dengan kesepakatan atau sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan oleh Kementerian Agama,” ujar Irfan.

Adapun embarkasi yang akan dilayani maskapai Garuda Indonesia untuk pelayanan haji 2023 adalah Banda Aceh, Medan, Padang, Solo, Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News