Inilah 5 Tips Memilih Mentor Bisnis, Agar Tidak Menyesal!

Inilah 5 Tips Memilih Mentor Bisnis, Agar Tidak Menyesal!
Inilah 5 Tips Memilih Mentor Bisnis, Agar Tidak Menyesal!

idfakta.com – 5 Tips Memilih Mentor Bisnis akan dibahas pada artikel kali ini. Berikut ini perencana keuangan independen Finansialku akan berbagi 5 tips memilih mentor bisnis.

Rubrik Finansialku:

Kenapa perlu Mentor Bisnis?

Semua entrepreneur ingin bisnisnya maju dalam waktu singkat, tetapi kebanyakan dari entrepreneur belum tahu caranya atau tidak memiliki koneksinya. Sosok mentor bisnis sangat diperlukan agar seorang entrepreneur dapat berkembang lebih cepat. Permasalahannya adalah bagaimana cara memilih mentor bisnis?

5 Tips Memilih Mentor Bisnis

Berikut ini 5 Tips memilih mentor bisnis:

[Baca Juga: Jangan Salah Memilih Partner Bisnis, Inilah Solusinya!]

Ubah Cara Berpikir Kita Dulu

Hal pertama yang harus diperbaiki adalah masalah MINDSET. Seberapa besar bisnis Anda sekarang, seberapa jago Anda, seberapa solid team Anda, entrepreneur membutuhkan bantuan seorang mentor. Jika Anda sudah menyadari Saya perlu seorang mentor bisnis, langkah berikutnya adalah melakukan penilaian.

Anda harus tahu apa kelebihan Anda, apa kelemahan Anda, apa kelebihan tim Anda, apa kelemahan tim Anda, apa kelebihan kompetitor-kompetitor Anda dan apa kelemahan competitor Anda. Cari seorang mentor bisnis yang mampu mengisi kelehaman-kelemahan Anda dan tim.

Mentor itu Bukan Konsultan

Mentor dan konsultan bisnis itu berbeda. Percaya atau tidak seorang mentor bisnis seringkali dibayar dengan sebuah makan siang, obrolan di siang hari dan acara-acara non formal lainnya. Ketika Anda memilih mentor bisnis, Anda tidak langsung datang dan berkata, “Apakah Bapak/Ibu berkenan menjadi mentor saya?” Entrepreneur dapat membuat janji untuk bertemu, makan siang dan berdiskusi mengenai bisnisnya.

Cari yang Sesuai Dengan Bidang

Ketika mencari mentor bisnis, cari seorang mentor bisnis yang sesuai dengan bidang kita. Contoh ada seorang anak muda yang ingin menjadi entrepreneur dibidang properti, maka idealnya mentor bisnis yang dicari adalah mentor bisnis yang bekerja di bidang properti.

[Baca Juga: Cari Teman Untuk Partner Bisnis? 10 Hal yang Harus Kamu Ketahui]

Mentor adalah Orang yang Sudah Sukses

Ketika mencari mentor bisnis, cari seseorang yang sudah mencapai tujuan yang ingin Anda capai. Contoh entrepreneur tadi ingin bekerja di bidang properti, idealnya mentor bisnis yang dicari adalah seorang mentor yang sudah sukses di bidang properti.

Take Action, Mau Mencari

Terakhir dan terpenting adalah TAKE ACTION. Buat list siapa-siapa saja yang perlu Anda temui. Cari tahu melalui media online: web, social media dan lain sebagainya. Ikuti seminar atau workshopnya, contact dan coba atur janji untuk diskusi.

Kesimpulan

Berikut ini 5 tips memilih mentor bisnis

    Ubah Cara Berpikir Kita Dulu

    Mentor itu Bukan Konsultan

    Cari yang Sesuai Dengan Bidang

    Mentor adalah Orang yang Sudah Sukses

    Take Action, Mau Mencari

Sobat Finansialku ada yang pernah punya pengalaman memilih mentor bisnis?

Sumber:

    Communication – http://goo.gl/AtQJU1

    StartUp – http://goo.gl/b9Xks1