Mengapa Investasi itu Membingungkan?

idfakta.com – Mengapa investasi itu membingungkan? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas pertanyaan hampir setiap klien, yaitu mengapa investasi itu membingungkan?

Mengapa Investasi itu Membingungkan?

Banyak orang yang berdiskusi dengan perencana keuangan di Finansialku, menanyakan mengapa investasi itu membingungkan? Investasi membingungkan jika Anda tidak tahu.

Kebanyakan orang tidak tahu tujuan, tidak tahu caranya berinvestasi. Dalam artikel kali ini Finansialku akan membahas tiga alasan utama yaitu:

    Permasalahan 1 – Tidak tahu tujuan investasi.

    Permasalahan 2 – Tidak tahu kendaraannya

    Permasalahan 3 – Tidak tahu cara berinvestasi.

Permasalahan 1 Tidak Tahu Tujuan Investasi

Sobat Finansialku, tahukah Anda Investasi itu adalah sarana, alat, kendaraan yang akan membawa Anda dari kondisi keuangan Anda saat ini (titik A) menuju tujuan-tujuan keuangan Anda (titik B).

Pernakah Anda, hang out (jalan-jalan) bersama teman, terus bingung mau pergi kemana. Kemudian berputar-putar mengelilingi kota tanpa tujuan yang pasti. Melelahkan dan membingungkan, ‘kan?

Serupa dengani investasi, Anda harus memiliki dan menentukan tujuan-tujuan keuangan Anda. Jadi tujuan investasi kita bukan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, tetapi untuk memenuhi tujuan-tujuan kita di masa depan.

Permasalahan 2 Tidak Tahu Kendaraannya

Permasalahan kedua Anda tidak tahu kendaraannya. Investasi adalah kendaraan yang akan mengantar Anda dari posisi keuangan Anda saat ini (titik A) menuju tujuan-tujuan keuangan Anda (titik B).

Di Indonesia sudah cukup banyak produk-produk investasi. Jangan fokus pada kendaraannya, tetapi fokus pada tujuannya.

Sebagai ilustrasi:

    Pak Ronald ingin bepergian dari Jakarta menuju Bandung, kira-kira kendaraan apa yang sesuai? Mungkin bisa menggunakan mobil, bus, travel atau kereta.

    Jika Pak Ronald ingin bepergian dari Jakarta menuju Bali, kira-kira kendaraan apa yang sesuai? Mungkin bisa menggunakan perjalanan darat atau menggunakan pesawat terbang.

Sama seperti di atas, produk investasi dapat disesuaikan dengan tujuan-tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

Anda bisa mencari tahu produk investasi yang cocok dengan tujuan keuangan dan profil risiko Anda dengan berkonsultasi bersama Perencana Keuangan dari Finansialku.

Jika ternyata hasilnya Anda diharuskan untuk melakukan investasi di saham, Anda bisa mencari tahu lebih dalam soal saham lewat audiobook dan podcast yang sudah disediakan oleh Finansialku di bawah ini.

Permasalah 3 Tidak Tahu Cara Investasi

Permasalahan ketiga yang menjadi alasan mengapa investasi itu membingungkan karena Anda tidak tahu caranya.

Nah, bagaimana solusinya? Ada seorang ahli di bidang investasi bernama dr. Alexander Elder. Beliau memiliki rumus 3M (Mindset, Method dan Money Management).

Jadi Anda perlu pola pikir yang tepat sebelum berinvestasi, tahu metodenya, punya pengalaman dan kemampuan untuk mengelola uang.

Saran Finansialku, Anda bisa mulai langkah kecil dengan berinvestasi pada pendidikan, cari tahu informasi dari buku, website dan lainnya.

Setelah Anda cukup yakin, mulai membuka akun atau mulai investasi dengan dana yang paling kecil. Tujuannya untuk menambah pengalaman dan belajar.

Kesimpulan

Jadi mengapa investasi itu membingungkan karena:

    Permasalahan 1 – Tidak tahu tujuan investasi.

    Permasalahan 2 – Tidak tahu kendaraannya

    Permasalahan 3 – Tidak tahu cara berinvestasi.

Menurut Sobat Finansialku, dari mana Anda mempelajari investasi?

Sumber Gambar:

    Car Driving – http://goo.gl/8BuP7W

    Surabaya – http://goo.gl/YVfYc1

    How to Invest – https://goo.gl/203io8