Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan
Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

idfakta.com – Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan terletak pada manfaat dan apa yang di-cover dari produknya.

Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Rubrik Finansialku

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Banyak orang bingung saat ditanya apakah sudah memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Mayoritas menganggap sama antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Padahal keduanya adalah produk yang berbeda. Mari kita bahas keduanya satu per satu di bawah ini!

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan. #1 Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah sebuah produk asuransi yang memberikan manfaat jaminan keamanan secara finansial kepada pemegang polis, jika yang bersangkutan mengalami gangguan kesehatan (sakit atau kecelakaan).

Sederhananya, asuransi kesehatan akan meng-cover biaya-biaya terkait dengan kesehatan, seperti: biaya rumah sakit, dokter, obat, infus dan biaya operasi (disesuaikan dengan ketentuan di polis).

Beberapa produk asuransi kesehatan memberikan manfaat tambahan antara lain manfaat rawat jalan, manfaat rawat inap, dan manfaat perawatan gigi (kondisional).

Sebelum Anda membeli produk asuransi, tentunya Anda harus lebih dulu mengetahui seluk beluk asuransi kesehatan, sehingga Anda bisa dengan bijak memilih produk asuransi kesehatan yang tepat dengan Anda. Setuju?

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya seseorang.

Jadi yang ditanggung adalah potensi kerugian finansial, karena meninggalnya seseorang.

Contoh seorang kepala keluarga, yang menjadi sumber pendapatan tiba-tiba meninggal karena serangan jantung.

Otomatis keluarga tersebut akan mengalami potesi kehilangan sumber pendapatan. Asuransi jiwa membantu kliennya untuk menanggung kerugian tersebut.

Berapa besarnya pertanggungan yang dibutuhkan, idealnya dihitung dengan cermat. Besarnya nilai pertanggungan sedikit banyak akan berpengaruh pada premi yang harus Anda bayarkan.

Kesimpulan

Secara umum, produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan memiliki perbedaan pada fitur produknya.

Terkadang ada perusahaan asuransi yang memberikan solusi lengkap, jadi dalam satu produk sudah ada asuransi jiwa dan asuransi kesehatan (terkadang juga ditambah lagi dengan investasi). Saran Finansialku adalah: beli produk asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi apakah sobat Finansialku sudah memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan?

Sumber Gambar:

Health – http://goo.gl/GYPM3H