Ternyata Ada Manfaatnya Lho! Cek 7 Fakta Tertawa Bagi Kesehatan

idfakta.com – Apakah Anda seseorang yang suka tertawa? Jika ya, maka selamat! Karena ada fakta tertawa bagi kesehatan yang ternyata menimbulkan efek positif lho!

Simak yuk ulasan terlengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

Rubrik Finansialku

Apa Saja Fakta Tertawa Bagi Kesehatan?

Mungkin Anda belum tahu bahwa tertawa bisa memberikan banyak sekali manfaat. Fakta-fakta yang akan dibahas berikut ini mungkin sudah pernah Anda ketahui dan mungkin saja belum.

#1 Bisa Mengurangi Rasa Sakit

Tertawa terbukti bisa meredakan sakit, apapun sakit yang dirasakan. Bagi setiap orang memang efeknya berbeda-beda, ada yang sangat terasa ada juga yang biasa saja. Ada fakta mengejutkan dibalik fakta tertawa yang satu ini.

[Baca Juga: Bisa Berlarian Kesana-Kemari dan Tertawa Disaat Pensiun, Karena Perencanaan Dana Pensiun]

Bahwasanya seorang ahli bedah di abad ke-14 menggunakan humor untuk mengobati pasiennya. Meskipun tidak sembuh total, setidaknya sakit yang mereka derita berkurang.

#2 Memberi Dampak Baik Untuk Pernapasan

Tertawa ternyata bermanfaat terhadap sistem pernapasan. Manfaat tertawa untuk sistem pernapasan ini sama dengan melakukan olahraga. Oksigen yang masuk ke tubuh akan lebih banyak. Alhasil, sistem pernapasan pun akan lebih baik.

#3 Mengurangi Kecemasan

Mengurangi kecemasan juga manfaat dari tertawa. Hal ini terbukti dari sebuah terapi tertawa. Terapi tertawa memberikan hasil positif pada grup pasien kejiwaan.

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses]

Ditemukan adanya pengurangan kecemasan yang mereka rasakan. Bahkan dalam percobaan tersebut, tertawa juga bisa menurunkan kadar depresi pada wanita yang sudah menopause.

#4 Bisa Membakar Kalori

Fakta tertawa bagi kesehatan berikutnya, pasti akan disukai oleh mereka yang sedang menjalani diet. Sebuah fakta mengejutkan hadir dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Vanderbilt.

[Baca Juga: Keseimbangan antara Kerja dan Kehidupan]

Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa tertawa selama sepuluh sampai lima belas menit akan membuat kalori terbakar sebanyak 50 kalori. Orang yang sering tertawa kalorinya lebih cepat terbakar dibanding mereka yang jarang tertawa.

#5 Melindungi Tubuh Dari Serangan Jantung

Studi lain menunjukkan bahwa tertawa bisa memperlancar tekanan darah. Tekanan darah yang tadinya tinggi bisa menurun akibat tertawa.

Dengan demikian, tertawa disimpulkan bisa menghindari potensi stroke dan serangan jantung. Telah dihitung pula bahwa mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, tekanannya akan menjadi 7 mmHg jika tertawa.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

#6 Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun dinilai menjadi lebih baik jika seseorang lebih sering tertawa. Bagaimana bisa demikian?

Alasannya adalah dengan tertawa tubuh bisa menurunkan kadar stres dan disertai dengan peningkatan antibodi atau sel imun.

[Baca Juga: Lihat 10+ Keberagaman Budaya Indonesia Supaya Makin Cinta Indonesia]

Sedangkan fungsi dari sel imun sendiri adalah untuk melawan infeksi dan penyakit yang datang.

Jadi memang benar adanya bahwa tertawa bisa membuat badan menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Ini berlaku hanya jika disertai dengan gaya hidup dan pola makan yang baik.

#7 Emosi Terkontrol

Emosi menjadi bisa lebih terkontrol dengan tertawa. Hal ini terjadi sebab dengan tertawa akan ada hormon endorfin yang terlepas ke tubuh. Hormon endorfin sendiri adalah hormon yang akan terlepas di saat manusia merasa bahagia.

Apabila hormon endorfin terlepas maka rasa sakit di tubuh menjadi mereda. Karena hormon endorfin yang terlepas pula, tubuh menjadi lebih rileks dan emosi bisa terkontrol.

Ayo Lebih Rajin Tertawa untuk Mengoptimalkan Kesehatan

Ternyata benar adanya tertawa bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Karena manfaat ini, wajar saja jika setelah mengetahui fakta tertawa bagi kesehatan Anda ingin mencari bahan tertawa.

Yuk baca artikel informatif lainnya dengan menggunakan aplikasi Finansialku di Google Play dan App Store!

Apakah hal yang membuat Anda tertawa? Setelah mengetahui fakta di atas, maka jangan lupa untuk terus berusaha rileks agar bisa tertawa lepas bersama teman-teman yang Anda ajak membaca artikel ini, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Admin. 18 Januari 2020. 10 Fakta dan Mitos Kesehatan tentang Tertawa. Liputan6.com – https://bit.ly/2QxraPP

Sumber Gambar:

    Tertawa 01 – https://bit.ly/2QuDL6z

    Tertawa 02 – https://bit.ly/3979Mrw

    Tertawa 03 – https://bit.ly/2wlORUk

    Tertawa 04 – https://bit.ly/3df97Yv

    Tertawa 05 – https://bit.ly/2wpNVhL

    Tertawa 06 – https://bit.ly/3954pJB

error: Content is protected !!