5 Jenis Buah yang Bisa Mencegah Vertigo, Apa Saja?

5 Jenis Buah yang Bisa Mencegah Vertigo, Apa Saja?
5 Jenis Buah yang Bisa Mencegah Vertigo, Apa Saja?

idfakta.com – Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kekambuhan adalah kondisi tubuh yang kekurangan nutrisi.

Jika tubuh kekurangan nutrisi, maka dampaknya tubuh jadi rawan terserang infeksi, termasuk pada bagian dalam telinga dan kondisi vestibular.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih asupan bernutrisi tinggi yang dapat membantu mencegah vertigo kambuh, seperti .

Dari sekian banyak variasi buah-buahan yang tersedia, ternyata ada beberapa jenis buah yang dapat membantu mencegah vertigo kambuh. Apa saja?

Buahan-buahan untuk mencegah vertigo

gejala dari gangguan vestibular yang ditandai dengan pusing, sakit kepala hingga kehilangan keseimbangan tubuh.

Ketika memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan, seperti rutin mengonsumsi buah-buahan berikut ini, maka dampaknya bisa membuat tubuh lebih kuat dalam mencegah hingga melawan infeksi.

Selain itu, manfaat lain yang bisa dirasakan adalah dapat diminimalisir dan membuat fungsi organ yang mengatur keseimbangan tubuh menjadi lebih sehat.

Mengutip laman Upper Cervical Awareness, berikut sejumlah buah-buahan yang direkomendasikan bagi penderita vertigo .

Buah-buahan kaya

Aneka jenis buah yang tinggi vitamin C dapat membantu meringankan sensasi mengerikan yang datang akibat vertigo.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan asal Jepang menemukan bahwa vitamin C dapat membawa hasil yang bagus untuk pasien dengan penyakit Meniere.

Penyakit Meniere adalah kondisi telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo.

Dalam penelitian itu, mereka mengumpulkan data dari 22 pasien dengan penyakit tersebut untuk mengonsumsi 600 mg vitamin C dengan 300 mg glutathione setiap hari selama delapan minggu.

Dari semua pasien, 21 orang melaporkan kondisi yang lebih baik terkait vertigo yang mereka alami.

Buah-buahan yang kaya vitamin C antara lain nanas, stroberi, raspberry, blueberry, cranberry, mangga, pepaya, blewah, tomat, dan aneka jenis buah sitrus.

Aneka buah tinggi kalium

Kalium adalah mineral penting yang terlibat dalam pengaturan cairan di dalam tubuh. Sementara, kekurangan kalium bisa mengganggu siklus cairan dalam tubuh, termasuk di organ telinga bagian dalam.

Seperti kita ketahui, terlalu banyak cairan di telinga bagian dalam dapat menyebabkan vertigo.

Dengan mengonsumsi buah-buahan kaya kalium, maka kandungan tersebut dapat bertindak sebagai vasodilator, yang berarti mengurangi ketegangan di dalam dinding pembuluh darah.

Hal itu dapat membuat peredaran cairan di dalam tubuh lebih terkontrol dengan baik. Lalu, buah-buahan yang kaya kalium itu mencakup , anggur, persik, tomat dan aprikot cukup direkomendasikan bagi penderita vertigo .

Buah yang mengandung vitamin B3

Kekurangan vitamin B3 sekecil apapun dapat menyebabkan kecemasan, insomnia, hingga depresi. Kondisi ini lantas bisa memicu pusing dan juga vertigo.

Buah-buahan yang mengandung vitamin B3 atau niasin bisa dikonsumsi setiap hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi para penderita vertigo.

Salah satu buah yang baik dikonsumsi adalah alpukat.

Buah kaya zat besi

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan zat besi bisa mencegah anemia kambuh sekaligus mencegah vertigo.

Buah-buahan yang dimaksud adalah mentimun, kurma, semangka, buah plum, delima dan lain sebagainya.

Aneka buah yang mengandung vitamin B

Vitamin B adalah terbaik yang dapat membantu mencegah efek buruk radikal bebas pada saraf dan otak.

cenderung mengalami kekurangan vitamin B. Untuk itu, pastikan asupan vitamin B yang bisa didapat dari buah-buahan tercukupi dalam kebutuhan harian.

Beberapa buah yang direkomendasikan meliputi pisang, alpukat, blueberry, semangka, jambu biji atau guava, melon dan cherry tart.