Apa Itu Ambivert? Kenali 4 Ciri-Ciri Kepribadian Ini

Apa Itu Ambivert? Kenali 4 Ciri-Ciri Kepribadian Ini
Apa Itu Ambivert? Kenali 4 Ciri-Ciri Kepribadian Ini

idfakta.com – Diketahui kepribadian ambivert merupakan gabungan antara ekstrovert dan introvert. Kepribadian ini seolah-olah akan mengubah sikapnya sesuai dengan situasi di sekitarnya. Kepribadian ini tentu bersifat fleksibel dalam berinteraksi kepada sesama hingga beraktivitas atau yang biasanya disebut moody.

Tak hanya itu, ambivert biasanya mudah bergaul seperti ekstrovert dan suka menyendiri dan tidak berbicara seperti introvert. Lantas apa saja ciri-ciri yang ada pada kepribadian ambivert? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pendengar maupun pembicara yang baik

Biasanya introvert cenderung pemalu dan suka pendengar yang baik. Sementara itu ada seorang ekstrovert yang suka sekali berbicara dan tidak jarang membawa suasana disekitarnya fokus kepadanya. Kepribadian ambivert dapat melakukan keduanya.

Ambivert biasanya tidak malu untuk berbicara di depan orang banyak namun tak jarang juga memilih untuk berdiam layaknya seorang introvert.

2. Merasa nyaman berada di kerumunan

Ambivert juga sangat nyaman bersosialisasi dan berada di tengah keramaian atau kerumunan orang. Ambivert ini condong ke arah ekstrovert yang suka dengan aktivitas yang melibatkan banyak orang.

3. Berubah tergantung lawan bicaranya

Seorang ambivert bisa jadi pendiam maupun orang yang atraktif saat berkomunikasi dengan seseorang. Namun hal ini tentunya dipengaruhi oleh lawan bicara yang berhadapan dengannya. Biasanya seorang ambivert dapat atraktif ketika bergaul dengan orang yang lebih ia kenal dan pendiam ketika bergaul dengan orang yang tidak terlalu dikenal.

4. Manajemen diri yang baik

Ambivert memiliki sistem manajemen diri yang baik membuat dirinya bisa menempatkan atau memposisikan dirinya dalam segala kondisi. Seorang ambivert yang condong ke ekstrovert sangat dibutuhkan ketika menjadi pemimpin dalam sebuah grup. Sementara itu, sisi lain yang introvert dapat sebagai pendengar yang baik dan mampu membantu secara penuh dalam sebuah grup.

Demikian informasi seputar apa itu ambivert beserta ciri-ciri yang dapat diketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!