Ciri-ciri Introvert, Salah Satunya Gampang Merasa Lelah di Keramaian

Ciri-ciri Introvert, Salah Satunya Gampang Merasa Lelah di Keramaian
Ciri-ciri Introvert, Salah Satunya Gampang Merasa Lelah di Keramaian

idfakta.com – Seseorang dengan kepribadian introvert, lebih memilih untuk menyimpan pikiran, perasaan, serta suasana hatinya sendiri dibandingkan bercerita kepada orang lain.

Melansir laman Verywellmind, teori Eysenck mengungkapkan,introvert cenderung mencari kegiatan dan lingkungan di mana mereka dapat memberi kesempatan untuk memproses dan merenungkan apa yang telah mereka pelajari. Oleh karena itu, biasanya orang yang introvert lebih nyaman untuk menyendiri.

Orang dengan introvert ini juga mudah terlihat dari bahasa tubuh yang dilakukannya. Berikut beberapa ciri seseorang yang memiliki sifat introvert.

Merasa lelah berada di keramaian

Ciri-ciri seorang introvert yang sangat sering dirasakan yaitu, mereka akan merasa lelah ketika berada di keramaian. Biasanya, meski di keramaian ia akan mencari tempat untuk menyendiri. Walaupun suka menyendiri, introvert juga tetap hadir pada sebuah acara dan melakukan interaksi sosial. Hanya saja, interaksi yang dilakukannya lebih kepada teman-teman terdekatnya.

Sangat menyukai sendirian

Ciri-ciri introvert lainnya yaitu dengan kegemarannya menyendiri. Mereka dengan kepribadian introvert lebih memilih untuk melakukan berbagai kegiatan maupun hobi sendirian. Meski demikian, bukan berarti mereka akan sendirian sepanjang hari. Namun, akan ada satu waktu di mana ia memilih untuk menyendiri.

Memiliki kelompok teman dekat

Menjadi introvert bukan berarti tidak bersosialisasi. Nyatanya, seorang introvert juga memiliki kelompok pertemanan. Biasanya, mereka yang introvert akan memiliki kelompok kecil pertemanan yang sangat dekat dan terbuka. Bahkan, hubungannya dengan kelompok tersebut sangat dekat.

Orang lain sulit untuk berkenalan

Seorang introvert akan sulit untuk berkenalan dengan orang baru. Ketika menemukan lingkungan baru, introvert akan sangat pendiam, lembut, bahkan sering disalahartikan sebagai pemalu. Karena sifatnya tersebut, hal ini membuat orang lain sulit untuk bergaul dengan seorang introvert. Biasanya, orang tersebut hanya akan berbicara dengan introvert saat ada kepentingan saja.

Sulit fokus di tengah keramaian

Bagi ekstrovert, melakukan situasi di situasi yang ramai adalah hal biasa. Namun, bagi introvert hal ini adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Seorang introvert akan sulit fokus dan kewalahan mengerjakan kepentingannya.

Para peneliti menemukan, introvert cenderung lebih mudah terganggu daripada ekstrovert. Oleh sebab itu, mereka yang introvert sangat sulit untuk melakukan sesuatu di tengah keramaian.

Memperhatikan diri sendiri

Orang yang introvert akan sangat memperhatikan dirinya sendiri. Mereka akan berusaha memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Selain itu, mereka juga akan memahami lebih dalam mengenai motivasi dan perasaannya.

Tidak hanya itu, mereka yang introvert juga lebih memiliki waktu untuk mempelajari segala kekurangan dirinya sendiri. Mereka akan sadar jika masih ada hal-hal yang kurang.

Belajar dari menonton

Seorang introvert cenderung belajar dari menonton. Ketika seorang ekstrovert menyukai praktik langsung, introvert justru akan menyaksikannya. Ia akan menyaksikan hal yang dipelajari berulang kali hingga dirinya bisa menirunya. Namun, ketika ia mampu melakukannya, hal tersebut hanya diketahui dan disimpan dirinya sendiri.

Tertarik pekerjaan yang dilakukan sendirian

Ciri-ciri seorang introvert lainnya yaitu mereka akan sangat menyukai pekerjaan yang dilakukan sendiri. Hal ini karena akan membuatnya lebih sedikit melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Beberapa pekerjaan yang dilakukan sendiri seperti penulis, akuntan, programmer komputer, desainer grafis, apoteker, atau artis.

Nah itu dia ciri-ciri seorang introvert. Apakah kamu salah satunya?