idfakta.com – PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC) menggelar edukasi kanker kepada masyarakat pada program bertajuk “Bringing the Future of Care” dalam sosialisasi pentingnya deteksi dini kesehatan.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury mengatakan, IHC memberikan kontribusi untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap penyakit kanker.

“Kontribusi IHC hari ini untuk meningkatkan awareness masyarakat. Saya harap, masyarakat bisa melakukan medical check up periodik sehingga bisa melakukan deteksi kesehatan lebih dini,” jelasnya dalam diskusi Hari Kanker Sedunia bersama Pertamedika IHC di Jakarta, Rabu.

Hal ini sejalan dengan tema Hari Kanker Dunia 2023 yakni ‘Close the Care Gap’, yakni membuat perubahan dan bersama komunitas kesehatan dapat membuat kemajuan nyata dalam mengurangi dampak global kanker.

Pada acara ini, IHC menggandeng Tatler Group dan berbagai komunitas penyintas kanker untuk saling berbagi dan mengedukasi.

Sementara itu, Direktur Utama IHC drg. Mira Dyah Wahyuni, MARS menyampaikan, sebagai pemain besar dalam industri kesehatan, IHC terus berinovasi untuk memastikan masyarakat memperoleh layanan onkologi terbaik.

“IHC terus meningkatkan pelayanan di seluruh unit bisnisnya. Di antaranya, RSPP memiliki fasilitas canggih untuk pengobatan kanker, yakni Radioterapi Linear Accelerator (Linac) Elekta Versa HD,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, katadrg. Mira, IHC akan menambah layanan onkologi melalui pembangunan Merial Tower yang berada Rumah Sakit PELNI.

Selanjutnya, IHC juga sedang menjalankan pembangunan Bali Sanur International Hospital, yaitu rumah sakit di Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan Sanur yang akan menjadi rumah sakit fokus menangani bidang onkologi.

Rumah sakit internasional Bali ini juga menggandeng Mayo Clinic, dan akan memiliki center of excellence CONGO (Cardiology, Oncology, Neurology, Gastroenterology, dan Orthopedics).

“Dengan menggandeng Mayo Clinic serta membuka kesempatan bagi diaspora untuk berpraktek di rumah sakit ini, Bali Sanur Hospital akan dilengkapi dengan alat kesehatan berteknologi tinggi, didukung tenaga kesehatan terbaik,” ujar drg. Mira

Pertamedika IHC merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Perusahaan juga merupakan induk usaha rumah sakit BUMN yang mengelola 36 rumah sakit serta berafiliasi dengan 39 rumah sakit, serta 172 klinik kesehatan di seluruh Indonesia.