Jaga Imunitas hingga Cegah Penuaan Dini, Berikut Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

idfakta.com – Vitamin C punya peran penting bagi kesehatan tubuh. Vitamin ini diyakini dapat menjaga daya tahan tubuh atau imunitas .

Namun, tahukah Anda bahwa vitamin C juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting?
Penelitian yang dipublikasi Seminars in Preventive and Alternative Medicine telah mengamati lebih dari 100 penelitian dalam 10 tahun belakangan.

Hasilnya, pihak peneliti menyebut bahwa daftar manfaat vitamin C terus bertambah

“Sudah lama vitamin C mendapat banyak perhatian (dari para pakar kesehatan). Kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam darah juga merupakan tanda bahwa tubuh memiliki nutrisi yang ideal secara keseluruhan,” ujar salah satu peneliti dari University of Michigan, Mark Moyad dilansir dari webmd.com, Selasa (15/3/2022).

Untuk lebih lengkapnya, berikut 3 manfaat vitamin C.

1. Memperbaiki daya tahan tubuh akibat stres

Moyad mengungkapkan bahwa vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk memperbaiki daya tahan tubuh akibat stres.

“Maka, (mencukupi kebutuhan vitamin C) jadi penting bagi tubuh,” ujarnya.

2. Menurunkan risiko kanker

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin C, seperti buah dan syuran bisa membantu menurunkan risiko terkena sejumlah jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru.

Vitamin C disebut kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan radikal bebas serta bahan kimia beracun, serta polutan, seperti asap rokok.

Radikal bebas dapat menumpuk dan menyebabkan kanker. Hal inilah yang perlu disiasati dengan mengonsumsi vitamin C sesuai kebutuhan tubuh.

3. Mencegah penuaan dini

American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi vitamin C dapat memperlambat timbulnya kerutan, kekeringan kulit, serta membuat tampilan kulit jadi lebih baik dan sehat.

Hal tersebut dapat terjadi karena vitamin C dapat membantu produksi kolagen pada kulit. Mengetahui manfaat ini, tak heran jika banyak produk kecantikan turut memakan kandungannya sebagai salah satu bahan utama.

Itulah tiga manfaat penting dari vitamin C. Pada dasarnya, vitamin C punya segudang manfaat lainnya, seperti Vitamin C memberikan banyak fungsi penting seperti penyerapan zat besi, pertumbuhan dan perbaikan semua jaringan tubuh, pembentukan kolagen dan hormon, penyembuhan luka, pemeliharaan kesehatan sendi, dan kesehatan pembuluh darah.

Melihat pentingnya manfaat vitamin C bagi tubuh, ada baiknya Anda mencukupi kebutuhannya.

Perlu diketahui, kandungan vitamin C bisa didapatkan melalui konsumsi buah atau sayuran, seperti jeruk, tomat, lemon, dan brokoli.

Selain buah dan sayur, vitamin C juga bisa didapat melalui suplemen, seperti Citamin C Plus 1000.

Tak ada salahnya Anda memasukkan suplemen yang mengandung vitamin C sebagai bagian dari pola makan dan gaya hidup sehat mengingat manfaatnya yang baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan kebaikan dan manfaat optimal dari vitamin C, Anda boleh mengonsumsi 1 tablet Citamin per hari. Lakukan rutin dan rasakan sendiri manfaatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!