Khasiat Castor Oil untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok, Efektifkah?

idfakta.com – atau biasa disebut telah lama dikenal khasiatnya untuk kecantikan dan kesehatan rambut.

Salah satu khasiatnya yang cukup populer adalah dapat membantu mengatasi masalah .

Meski tidak banyak yang bukti ilmiahnya, tetapi ada sejumlah alasan yang mengatakan bahwa castor oil dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru.

Khasiat castor oil untuk atasi masalah rambut rontok

Mengatasi rambut rontok secara alami bisa dilakukan dengan penggunaan castor oil secara rutin.

Minyak herbal ini berasal dari hasil ekstraksi biji atau daun dari tanaman jarak yang disebut Ricinus Communis.

Meskipun tanaman jarak ini berasal dari Afrika Timur, tapi minyak yang berwarna bening agak kekuningan ini cukup mudah ditemui di berbagai toko kosmetik atau toko online.

Dalam mengatasi masalah , yang satu ini memiliki dua khasiat utama yaitu sebagai fortifikasi dan stimulasi.

Struktur dari molekul minyak jarak mengandung gliserol, sejenis asam lemak yang menurut dokter kulit diperlukan untuk memperkuat folikel rambut.

Sebagai gambaran, castor oil dapat menutrisi batang rambut untuk mencegah kutikula terkelupas, melebar hingga mengakibatkan rambut menjadi mudah rapuh, kusut dan tampak kusam.

Minyak jarak juga mengandung asam risinoleat yang dapat mengunci kelembapan rambut sekaligus menutrisi kulit kepala agar tetap bersih dan sehat.

Melansir laman Lifestyle Asia, dua khasiat itulah yang dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat, berkilau, halus dan kuat.

Cara menggunakan castor oil untuk mengatasi rambut rontok

Sebetulnya saat ini sudah banyak produk yang mengandung castor oil sebagai bahan utama, seperti sampo, serum, masker rambut hingga kondisioner.

Namun mengingat produk perawatan rambut biasanya sudah dicampur bahan-bahan kimia, maka akan lebih baik jika kita menggunakan minyak jarak ini secara langsung.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan beberapa tetes murni dan tuangkan ke telapak tangan.

Setelah itu gosok di telapak hingga merata dan aplikasikan minyak ini ke seluruh bagian rambut dari pangkal sampai ujungnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah takarannya agar tidak berlebihan.

Sebab tekstur dari ini sangat kental, sehingga penggunaan yang berlebihan bisa membuat rambut tampak lebih lepek dan berminyak.

Kondisi rambut yang terlalu berminyak ini bisa membuat kotoran sangat mudah menempel dan membuat rambut tampak lebih kusut.

Para ahli juga menyarankan minyak castor ini sebaiknya tidak digunakan orang yang rambutnya sedang memiliki .

Penggunaan castor oil bisa memperburuk kondisi tersebut karena ketombe akan lebih sulit untuk dihilangkan dalam kondisi rambut yang sangat berminyak.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!