Mengenal Lingkaran Hitam atau Mata Panda Serta Faktor Penyebabnya

idfakta.com – Mengenal mata hitam atau mata panda , yang bagi sebagian besar orang, mata panda ini adalah salah satu masalah terbesar yang sering dialami.

Mata panda atau lingkaran hitam biasa disebabkan aktivitas kurang tidur.

Tidak hanya orang yang kurang tidur saja yang bisa mengalami mata panda ini, dehidrasi (kekurangan cairan), faktor usia , atau seseorang dengan pengidap penyakit tertentu dapat mengalami lingkaran hitam/ mata panda ini.

Mata panda juga bisa dialami oleh siapa saja tidak pandang bulu, mau pria atau wanita bisa saja mengalami kondisi demikian.

Banyak orang berlomba-lomba terutama wanita untuk menghilangkan mata panda ini, berbagai cara mulai diupayakan mulai dari menggunakan krim yang dibeli dari apotek terdekat, sampai dengan berobat ke klinik atau rumah sakit besar untuk menghilangkan mata panda ini.

Ada beberapa orang yang menggunakan krim untuk menghilangkan mata panda ini dan berhasil, tetapi tidak sedikit orang yang hanya menggunakan krim. Namun, cara tersebut masih dinilai belum bisa untuk mengatasi mata panda pada seseorang.

Kondisi mata panda ini dapat dilihat secara langsung. Mata panda ini ditandai dengan kondisi bagian area mata tampak sayu, berwarna gelap/menghitam, biasanya terdapat kantung mata pada bagian kelopak mata.

Biasanya orang yang mempunyai mata panda ini akan terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya.

Tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi tersebut, Anda bisa datang langsung ke dokter dengan konsultasi ke dokter khusus spesialis kulit dan kelamin atau biasa disingkat dengan SPKK.

Melansir SehatQ, berikut faktor yang bisa menyebabkan mata panda pada seseorang:

1. Kurang BeristirahatSeseorang yang kurang tidur/beristirahat dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada wajah, maka dari itu sangat disarankan untuk tidur yang cukup yaitu minimal 8 jam tidur.

2. Munculnya PigmenBiasanya pigmen ini muncul akibat faktor alami, yakni akibat faktor internal dari dalam tubuh.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan tabir surya atau krim khusus yang diformulasikan untuk menghilangkan lingkaran hitam.

3. Sinar MatahariJika kita sering terkena paparan dari sinar matahari, maka cepat atau lambat area mata kita akan berubah menjadi gelap dan menghitam.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan krim khusus untuk melindungi Anda dari paparan sinar matahari.

4. Kondisi Penyakit TertentuSeseorang yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti; jantung, ginjal, dan lain sebagainya, akan rentan untuk mengalami mata panda .

Jadi tidak serta melulu mata panda diakibatkan oleh kurang tidur, menggunakan krim, dan sebagainya.

5. Faktor UsiaSeseorang yang sudah mengalami usia lanjut, biasanya mengalami hal serupa. Hal tersebut memanglah wajar. Jika seseorang sudah menginjak usia 20-an pasti akan mengalami mata panda .

Anda bisa menggunakan produk krim tertentu untuk menghilangkan mata panda .

Akan tetapi, jika tips tersebut dinilai masih kurang mampu untuk mengatasi mata panda , Anda bisa berkonsultasi ke klinik/rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan secara maksimal. (Muhamad Dafa)***

error: Content is protected !!