Pertemuan Tatap Muka Pertama Biden dan Xi Jinping Bisa Terjadi di KTT G20 di Bali

Pertemuan Tatap Muka Pertama Biden dan Xi Jinping Bisa Terjadi di KTT G20 di Bali
Pertemuan Tatap Muka Pertama Biden dan Xi Jinping Bisa Terjadi di KTT G20 di Bali

idfakta.com – Presiden AS Joe Biden pada Selasa (6/9/2022) “yakin” dia akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada November 2022 jika Xi memutuskan untuk menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia.

“Jika dia ada di sana, saya yakin saya akan melihatnya,” kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih, dikutip dari Kantor berita AFP.

Biden belum bertemu dengan Xi sejak menjadi presiden AS pada Januari 2021.

Selama ini kedua pemimpin negara adidaya itu berbincang hanya melalui serangkaian panggilan telepon dan video.

Sementara, belakangan ini, ketegangan antara AS dan China meningkat karena ancaman China terhadap Taiwan yang didukung AS dan sengketa perdagangan yang masih belum terselesaikan antara dua ekonomi terbesar dunia tersebut.

Namun, peluang untuk pertemuan tatap muka antara Biden dan Xi telah terhalang oleh pandemi Covid-19 dan penghentian perjalanan internasional Xi.

Pada Agustus, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi telah mengatakan kepada Bloomberg bahwa baik Xi dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan berada di KTT G20.

Indonesia disebut juga telah menyiapkan kemungkinan pertemuan Biden-Putin pertama sejak perintah Rusia untuk menyerang Ukraina.

Gedung Putih belum mengonfirmasi rincian rencana perjalanan Biden ke KTT G20 di Bali.

Selama pertukaran telepon terakhir antara Biden dan Xi yang diadakan pada Juli, seorang pejabat AS mengatakan Biden dan Xi telah memutuskan untuk menemukan waktu yang disepakati bersama untuk pertemuan tatap muka.

Pemutusan pasokan energi Rusia akan berlangsung menjelang musim dingin