PM Inggris Liz Truss terima undangan untuk berkunjung ke Ukraina

PM Inggris Liz Truss terima undangan untuk berkunjung ke Ukraina
PM Inggris Liz Truss terima undangan untuk berkunjung ke Ukraina

idfakta.com – Perdana Menteri Inggris Liz Truss berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan menerima undangan sang presiden untuk berkunjung ke negara itu serta menekankan dukungan bagi Ukraina dalam perang dengan Rusia.

Pembicaraan itu merupakan yang pertama kalinya dilakukan Truss dengan kalangan pemimpin dunia setelah ia resmi menjabat perdana menteri Inggris yang baru.

“Perdana menteri mengatakan beliau ingin segera bekerja dengan Presiden dalam pekan-pekan dan bulan mendatang serta dengan menerima dengan senang hati undangan Presiden Zelenskyy untuk segera berkunjung ke Ukraina,” kata kantor Truss.

Inggris selama ini merupakan salah satu pendukung internasional paling kuat bagi Ukraina dengan mengirim hampir 7.000 senjata anti tank, ratusan peluru kendali serta banyak kendaraan tempur lapis baja.Tidak hanya itu, Inggris juga melatih para tentara Ukraina.

“Perdana menteri berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada petang ini untuk menekankan dukungan yang teguh dari Kerajaan Inggris bagi kebebasan dan demokrasi Ukraina,” kata kantor tersebut.

Sumber: Reuters