Karir  

3 Alasan Utama Pentingnya Magang

3 Alasan Utama Pentingnya Magang
3 Alasan Utama Pentingnya Magang

idfakta.com – Apa kamu sudah punya pengalaman magang? Jika belum, saat ini kami mau share ke kamu tentang kenapa kamu harus nyobain rasanya magang walaupun hanya sekali. Ya, berikut ini adalah 3 manfaatnya untuk jenjang karier kamu.

1. Magang bisa menegaskan seberapa besar passion kamu terhadap sesuatu

Beberapa bidang ilmu di kampus kamu mungkin sudah mewajibkan kamu untuk ambil magang di perusahaan dalam kurun waktu 3-6 bulan. Nah, kamu harus bisa memanfaatkan surat rekomendasi tersebut untuk melamar ke perusahaan pilihanmu. Walaupun tidak disarankan untuk terlalu pilah-pilih dalam mengambil kesempatan ini, jangan juga asal-asalan dalam memilih tempat magang. Intinya, kalau kamu melihat ini cuma sekadar kewajiban dari kampus, kamu ngga akan bisa belajar banyak dari pengalaman tersebut karena kamu menjalaninya hanya setengah hati.

Kesempatan ini bisa menjadi tolak ukur seberapa besar kamu suka terhadap suatu kegiatan. Selain itu, pengalaman kerja yang satu ini juga bisa dijadikan ajang coba-coba pekerjaan yang kamu mau tempuh kedepannya.

2. Magang bisa mengubah passion kamu jadi aksi nyata

Masih ingat tips tentang bagaimana cara mengubah hobi kalian menjadi karier? Ya, semuanya dimulai dengan minat yang mengarah ke keinginan kamu untuk terus mengasah dan menerapkan pengetahuanmu ke dalam kehidupan nyata. Pada dasarnya keterampilan dapat diperoleh dan disempurnakan dari waktu ke waktu.

Magang memberikan kesempatan bagi kamu untuk mengubah yang sebelumnya hanya sekadar minat yang ada di benak saja ke aksi dalam kehidupan nyata. Kamu akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana pemrograman, desain, pemasaran, dll digunakan dalam konteks bisnis dan perusahaan. Kamu juga akan dapat kesempatan untuk bekerja dengan para ahli dan praktisi di bidangnya yang tentunya akan berbagi pengalamannya ke kamu.

3. Magang bisa mengubah hobi kamu jadi keterampilan

Pengalaman kerja ini bisa membantu kamu mengubah yang sebelumnya hanya hobi jadi keterampilan. Selain itu, pengalaman ini juga bahkan bisa mengajak kamu mengambil skill set yang baru. Pada kesempatan ini, kamu bisa mengeksplor apa yang benar-benar bisa kamu lakukan dan tidak. Sebab terkadang banyak dari orang suka berpikir bahwa pekerjaan-pekerjaan tertentu sangatlah mudah dilakukan tapi nyatanya belum tentu semudah itu.

Sekarang setelah Glints berbagi info tentang pentingnya magang, kamu tertarik ngga untuk mencobanya?

Jika ya, klik di sini sebab Glints punya beberapa lowongan pekerjaan untuk kamu!

Oh iya, jangan takut untuk melamar ke lebih dari satu perusahaan yang membuka lowongan magang tersebut ya. Sebab setiap perusahaan punya periode masing-masing untuk program internship mereka, yang berarti kamu bisa aja mendapatkan kesempatan kerja di beberapa perusahaan sekaligus dalam jangka waktu yang berbeda-beda.