Karir  

3 Cara Efektif Memanfaatkan Portal Pencarian Kerja

3 Cara Efektif Memanfaatkan Portal Pencarian Kerja
3 Cara Efektif Memanfaatkan Portal Pencarian Kerja

idfakta.com – Apa sudah ada lamaran pekerjaanmu yang berhasil? Jika belum, kamu mau tahu tidak cara supaya surat lamaran dan CVmu dilirik oleh tim rekrutmen di perusahaan impianmu?

Tips dan trik yang tertulis di bawah ini memang bukan suatu hal yang baru, tapi poin-poin ini sering kali diabaikan oleh kandidat yang melamar lewat portal pencarian kerja.

1. Lengkapi profil online

Profil kamu merupakan yang pertama kali akan memberikan kesan di mata tim rekrutmen. Lengkapi biodata, tulis semua keterampilan dan riwayat hidup kamu.

Jika kamu yang belum punya pengalaman kerja, kamu bisa tulis pengalaman relevan organisasi selama kuliah ataupun SMA.

Untuk kamu yang memanfaatkan portal pencarian kerja, kamu harus paham betul bahwa tugas utama kamu adalah meyakinkan siapapun yang melihat profilmu bahwa kamu adalah orang yang pantas untuk mendapatkan pekerjaan.

Jadi, kamu harus bedakan profil kamu di portal pencarian kerja dengan profil media sosialmu.

    Jangan pasang foto selfie, jika memungkinkan pasang foto dengan muka tersenyum dengan background foto berwarna putih.

    Aktifkan nomor telepon selular kamu setiap saat, sebab kamu tidak akan pernah tahu kapan tim rekrutmen perusahaan akan menghubungi kamu.

2. Perhatikan format CV maupun dokumen yang diunggah

Unggah resume atau CV kamu dalam bentuk .pdf bukan yang lainnya, sebab format dokumen tersebut lebih mudah diakses oleh perekrut kerja.

Jika kamu mengunggahnya dalam bentuk .doc, tim rekrutmen perusahaan jadi harus mengunduh terlebih dahulu dokumen kamu tersebut. Bayangkan jika setidaknya ada 50 lamaran di setiap satu pekerjaan, tentunya kamu akan sangat merepotkan pekerjaan mereka.

3. Tulis surat lamaran atau cover letter (meskipun tidak diminta)

Mungkin tidak tertulis di iklan lowongan bahwa perusahaan membutuhkan surat lamaranmu, tapi bagian ini penting dan tidak boleh diabaikan.

Mungkin banyak dari kamu yang berpikir bahwa tim rekrutmen tidak punya waktu untuk membaca surat lamaranmu, jujur saja tidak menutup kemungkinan jawabannya iya.

Namun surat lamaran jadi sangat penting terutama untuk kamu yang pengalaman kerja profesional-nya masih sangat minim. Jangan biarkan kolom “cover letter” kamu kosong begitu saja.

Setidaknya isi kolom tersebut dengan beberapa kalimat yang mempromosikan diri dan keterampilan yang kamu punya.

Sekarang sudah siapkah kamu untuk memulai kariermu? Cek di sini untuk mulai melamar ke lowongan-lowongan pekerjaan berkualitas di seluruh Indonesia!