Karir  

Cara Jadi Lulusan Siap Kerja

Cara Jadi Lulusan Siap Kerja
Cara Jadi Lulusan Siap Kerja

idfakta.com – Pernah kesal ketika melihat persyaratan kerja yang bertuliskan “pengalaman kerja minimal 1-3 tahun”? Atau poin persyaratan lainnya yang mengharuskan kamu bisa ini dan itu? Jika ya, jangan marah dulu sebab ketatnya persaingan pencarian kerja sekarang ini memang mengharuskan kamu untuk siap dengan sejumlah keterampilan. Meskipun kamu lulusan baru atau fresh graduates, kamu harus siap bersaing dengan mereka yang sudah punya pengalaman.

Jika kamu masih suka berpikir mau mulai cari magang, tambahan kursus bahasa atau memantapkan keterampilan lainnya setelah lulus kuliah, sayang sekali kamu akan membuang waktu terlalu banyak. Ada pepatah yang bilang tidak ada kata terlambat untuk belajar, tapi tidak ada salahnya pula jika kamu sudah mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Berikut ini merupakan cara supaya kamu bisa jadi lulusan siap kerja dan punya daya saing tinggi.

Temukan Role Model

Ada tidak satu nama yang kamu jadikan role model saat ini? Punya role model yang dijadikan panutan ternyata bisa jadi sumber inspirasi dan motivasi untuk kita loh. Role model bisa jadi gol ketika kita melakukan sesuatu salah satunya dalam soal berkarier.

Misalnya kamu mengidolakan seorang penulis, nah kamu bisa “contek” cara mereka mencapai titik kesuksesannya, bahkan kesalahan yang mereka lakukan pun bisa kamu jadikan sebuah pelajaran. Jadi, sekarang coba mulai cari role model yang kamu anggap bisa terus memotivasi kamu untuk mencapai kesuksesan dalam berkarier.

Kembangkan Rencana Karier

Perencanaan karier yang ideal meliputi Self Assesment atau pengenalan diri, Eksplorasi Karier, Tes Kecocokan Karier dan akhirnya Aksi atau terjun berkarier. Kamu bisa mencoba melakukan tahapan-tahapan ini sendiri, namun akan sangat dianjurkan jika kamu mau berkonsultasi dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Mereka bisa guru, dosen, senior atau pakar karier yang ada di student center sekolah maupun kampus kamu masing-masing. Sebab dengan bertanya ke orang-orang yang sudah berpengalaman, kamu akan mendapatkan penjelasan yang lebih mendalam tentang karier yang kamu inginkan kedepannya. Kamu juga bisa tanya-tanya langsung melalui layanan konsultasi karier Glints yang hadir 24 jam!

Cari Kegiatan yang Sesuai dengan Passion

Sekarang ini ada banyak sekali pilihan karier yang tersedia di bursa kerja. Jika kamu sudah melewati tahapan perencanaan karier yang tepat, sekarang saatnya bagi kamu untuk mencari kegiatan yang sesuai dengan passion kamu tersebut.

Jika kamu sudah bisa mengenali passion kamu dan karier apa yang kira-kira akan kamu tempuh kedepannya, kamu bisa mulai membuat daftar apa kekurangan dan kelebihan kamu. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk kamu mulai mencari kegiatan tertentu yang menurut kamu akan sangat membantu untuk mencapai jenjang karier yang kamu idamkan tersebut.

Buat Draft CV dan Cover Letter

Buatlah draft CV dan Cover Letter meskipun kamu tidak sedang berencana melamar pekerjaan dalam waktu dekat. Menyiapkan dan memperbarui CV setiap waktu sudah merupakan hal yang wajib kamu lakukan sebab dengan menyusun CV kamu bisa melihat langsung track record kegiatan apa yang kamu sudah lakukan selama ini. Selain itu, kamu juga ngga akan pernah tahu kapan perusahaan impian kamu membuka lowongan pekerjaan. CV yang sudah melalui beberapa revisi dan perubahan tentunya akan jauh berbeda kualitasnya dengan CV yang dibuat dengan terburu-buru. Jadi, mulai siapkan CV yang menarik dari sekarang, yuk!

Asah Kemampuan Interview

Seperti yang sudah kami bilang sebelumnya, kamu ngga akan pernah tahu kapan kesempatan dari perusahaan impian kamu datang. Jadi ngga ada salahnya jika kamu sudah mulai mempersiapkan jawaban-jawaban untuk pertanyaan umum dalam sebuah wawancara kerja. Kamu bisa mulai berlatih dengan teman maupun kerabat, jika kamu sudah terbiasa kamu tentunya tidak akan kaku dan gugup lagi ketika menghadapi wawancara yang sesungguhnya!

Jika kamu mau mencoba dan mengasah keterampilan kamu dari sekarang, Glints yakin kamu bisa lolos ke pekerjaan impianmu! Jika kamu mau mengasah kemampuan kamu melalui magang, cek di sini untuk lowongan magang di sejumlah perusahaan di Jakarta!