Karir  

Karier Berdasarkan MBTI, Yuk, Cari yang Sesuai Untukmu!

Karier Berdasarkan MBTI, Yuk, Cari yang Sesuai Untukmu!
Karier Berdasarkan MBTI, Yuk, Cari yang Sesuai Untukmu!

idfakta.com – Memilih jalur karier memang harus disesuaikan dengan skill dan passion yang dimiliki. Namun, apakah kamu juga penasaran dengan jenis karier yang cocok untukmu berdasarkan hasil dari tes MBTI?

Tes MBTI atau Meyers-Briggs Type Indicator Test menjadi salah satu tes kepribadian yang paling populer di dunia.

Seperti yang dijelaskan oleh Springboard terdapat sekitar 2 juta orang yang mengikuti tes kepribadian ini setiap tahunnya.

Umumnya perusahaan seperti startup atau korporat menerapkan tes MBTI dalam proses perekrutan karyawan.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui seperti apa karakteristik dari karyawan dan melihat apakah mereka bisa sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Memang dari tiap jenis kepribadian MBTI bisa terlihat apa jenis karier yang sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya.

Penasaran apa jenis karier berdasarkan MBTI yang sesuai untukmu? Yuk, simak terus penjelasan yang sudah Glints persiapkan di bawah ini.

Memahami MBTI

© Freepik.com

The Balance Careers menjelaskan bahwa MBTI adalah suatu instrumen untuk penilaian karier.

Umumnya bagi para profesional pengembangan karier tes MBTI sangat bermanfaat untuk mempelajari tipe kepribadian seseorang.

Meyers-Briggs Type Indicator sendiri dikembangakn oleh Isabel Briggs Myers dan ibunya Katharine Briggs selama Perang Dunia II.

Saat itu mereka mengembangkan tes untuk membantu wanita yang ingin memasuki dunia kerja dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadiannya.

Tes yang mereka kembangkan tersebut didasari oleh teori kepribadian dari Dr. Carl Jung dalam bukunya Psychological Types.

Dalam MBTI terdapat 8 kategori kepribadian, yaitu:

Sensing (S) vs Intuition (N)

Thinking (T) vs Feeling (F)

Judging (J) vs Perceiving (P)

Introversion (I) vs Extraversion (E)

Dalam MBTI rupanya dari 8 jenis kategori tersebut dikombinasikan hingga menjadi 16 tipe kepribadian yang dimiliki oleh setiap orang. Misalnya tipe kepribadian ENFP yaitu Extraversion, Intuition, Feeling, Perceiving.

Karier Berdasarkan MBTI

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai MBTI, apakah kamu semakin penasaran untuk mengetahui karier apa yang sesuai dengan kepribadianmu?

Tak perlu berlama-lama, berikut ini beberapa contoh karier berdasarkan MBTI yang harus kamu ketahui

1. ISTJ – Inspector

Seseorang yang memiliki kepribadian ISTJ umumnya lebih serius dan formal. Selain itu, mereka juga menyukai tradisi dan masih menjunjung tinggi nilai-nilai seperti kehormatan dan kerja keras.

Pemilik kepribadian ISTJ biasanya juga lebih pendiam, tenang, dan jujur. Saat bekerja mereka juga mengandalkan pemikiran yang analitis dan kritis sehingga selalu berorientasi pada detail.

Nah, jika kamu memiliki kepribadian ISTJ, maka karier yang bisa kamu coba adalah sebagai business analyst, akuntan, hingga programmer.

2. INFJ – Counselor

Salah satu karakteristik dari INFJ adalah idealis dan memiliki cara pandang yang mendalam terhadap dunia. Selain itu, mereka juga selalu memiliki banyak ide dan imajinasi yang kreatif.

Saat bekerja rupanya mereka menghargai lingkungan yang damai dan menghargai setiap tantangan. Hubungan dengan teman kerja juga selalu dijaga dengan baik karena mereka selalu menunjukkan empati dan perhatian.

Jadi, karier berdasarkan MBTI yang sesuai untuk tipe kepribadian ini antara lain psikolog, konselor, hingga ilmuwan.

3. INTJ – Masterminds

Seorang pemilik kepribadian INTJ biasanya cukup pendiam dan nyaman sendirian. Bersosialisasi disebut sangat menguras tenaga sehingga mereka lebih memilih untuk sendirian.

Salah satu keunggulan dari jenis kepribadian yang satu ini adalah dalam perencanaan dan penyusunan strategi. Selain itu, mereka juga sangat terampil dalam berpikir intuitif dan praktis.

Oleh karena itu beberapa pilihan karier yang sesuai dengan INTJ adalah penasihat keuangan, marketing manager, hingga penampil musik.

4. ENFJ – Giver

© Freepik.com

Jika kamu memiliki tipe kepribadian ENFJ pastinya sangat suka bersosialisasi dengan orang lain. Pasalnya, mereka adalah seorang ekstrover yang mudah terhubung dengan orang lain.

Pemilik kepribadian ini juga selalu mengandalkan intuisi dan perasaannya. Meski begitu, mereka adalah seorang pemimpin yang selalu bersemangat dan mudah berempati kepada orang lain.

Beberapa jenis karier berdasarkan MBTI yang sesuai untuk tipe ini antara lain public relations, sales, hingga art director.

5. ISTP – Craftsman

Melansir dari Indeed, mereka yang memiliki tipe kepribadian ISTP umumnya cukup misterius, rasional, dan logis.

Namun, mereka juga bisa menjadi spontan dan antusias sehingga sering kali membuat orang lain kebingungan karena reaksinya tidak dapat diprediksi dengan mudah.

Dalam pekerjaan mereka sangatlah hebat dalam memecahkan masalah karena sangatlah detail. Jika kamu seorang ISTP maka karier yang sesuai adalah sebagai teknisi, insinyur, hingga ahli forensik.

6. ESFJ – Provider

Seorang ESFJ sangat mudah bergal dan selalu ingin berinteraksi dengan orang lain. Dalam hidupnya mereka sangat menikmati menjadi sorotan.

Saat bekerja mereka juga sangat mudah bekerja sama dengan orang lain. Tidak hanya itu, mereka juga sangat peka terhadap kebutuhan orang lain dan terampil dalam membaca isyarat sosial.

Jadi, beberapa jenis karier yang sesuai untuk tipe kepribadian ini antara lain adalah kurator museum, medical researcher, hingga pekerja sosial.

7. INFP – Idealist

Seorang INFP lebih memilih diam dan tidak membicarakan dirinya sendiri. Mereka juga sangat senang menghabiskan waktu sendirian di tempat yang sepi.

Dalam pekerjaannya seorang INFP suka mempelajari hal-hal baru dan menganalisis tanda dan simbol hingga tersesat dalam imajinasinya sendiri.

Jenis karier berdasarkan MBTI yang sesuai dengan INFP antara lain photographer, seniman, hingga copywriter.

8. ESFP – Performer

© Freepik.com

ESFP bisa dibilang terlahir untuk selalu tampil di depan orang lain. Mereka juga sangat senang mendapat sorotan dan perhatian.

Kepribadiannya juga sangat hangat, murah hati, ramah, dan menyenangkan. Saat bekerja mereka akan selalu menikmatinya dan selalu peduli dengan rekan kerjanya.

Beberapa jenis karier yang sesuai dengan tipe kepribadian ESFP adalah event planner, tour guide, hingga sales representative.

9. ENFP – Champion

Salah satu keunikan dari ENFP adalah mereka tidak suka dipaksa untuk mengikuti suatu aturan karena mereka free spirit. Sifat intuitifnya pun sangat kuat dan suka berada di sekitar orang lain.

Mereka sangat tanggap dan selalu bekerja menggunakan perasaaannya. Bahkan, mereka lebih menyukai pekerjaan yang membuatnya senang daripada hanya karena ingin mendapatkan uang saja.

10. ESTP – Doer

Tipe kepribadian ESTP adalah pemikir logis dan senang menggunakan data dan pola untuk membuat keputusan. Mereka juga suka melakukan interaksi sosial dan mengharapkan kebebasan.

Selain itu, seorang ESTP juga sangat suka mencari peluang baru dalam pekerjaan. Itulah mengapa mereka sering mendapatkan peluang kerja baru yang bisa mengantarkannya dalam kesuksesan.

Beberapa contoh karier yang ideal untuk tipe kepribadian ini antara lain sutradara, project coordinator, hingga pengusaha.

11. ESTJ – Supervisor

ESTJ sangat terorganisir, berdedikasi, jujur, dan bermartabat. Mereka sering mengambil peran menjadi seorang pemimpin karena sangat mampu diandalkan.

Saat bekerja mereka juga selalu mengikuti prosedur dengan cermat. Selain itu, mereka akan selalu bekerja keras dan berdedikasi dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Karier berdasarkan MBTI yang sesuai dengan tipe ESTJ misalnya hakim hingga petugas keuangan. Bahkan, menurut CNBC kepribadian ini juga cocok untuk menjadi seorang chef yang selalu terorganisir.

12. ENTJ – Commander

© Freepik.com

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian ENTJ selalu bertindak secara rasional dan logis. Mereka adalah pemimpin alami dan selalu mempertimbangkan keputusan secara hati-hati.

Saat menghadapi masalah mereka akan dengan cepat mengidentifikasinya dan mengembangkan solusi untuk memecahkannya. Karismatik dan percaya diri adalah hal yang selalu ada dalam dirinya.

Beberapa karier yang ideal untuk tipe kepribadian ini misalnya business administrator, manajer konstruksi, hingga seorang astronom.

13. INTP – Thinking

Jika membicarakan tipe kepribadian yang paling berpikiran logis, tentunya INTP tidak boleh dilupakan. Mereka memiliki kemampuan untuk “membaca” seseorang dan suka memberikan solusi yang tidak bias.

Di tempat kerja mereka adalah pemecah masalah yang andal karena kecerdasan yang dimilikinya. Selain itu, mereka juga sangat kreatif dan selalu mencari jawaban dari setiap masalah yang muncul.

Jika kamu memiliki tipe kepribadian INTP, maka beberapa jenis karier yang sesuai misalnya web developer, composer, hingga marketing consultant.

14. ISFJ – Nurturer

ISFJ adalah seorang dermawan yang selalu bermurah hati. Mereka sangat menghargai kerja sama dan selalu peka terhadap perasaan orang lain.

Etos kerja yang dimiliki oleh seorang ISFJ sangatlah kuat sehingga mereka selalu berdedikasi pada tugasnya. Tidak hanya itu, mereka juga sangat teliti dan ingin menciptakan lingkungan yang teratur.

Karier berdasarkan MBTI yang cocok untuk tipe kepribadian ini antara lain research analyst, staf finance, hingga manajer administrasi.

15. ENTP – Visioner

Salah satu hal menarik dari kepribadian ENTP adalah mereka sangat cerdas dan berpengathuan luas. Selain itu, mereka juga logis dan selalu objektif.

Dalam bekerja mereka lebih suka fokus pada ide-ide besar dan tidak menyukai rutinitas yang berulang. Mereka lebih menyukai pekerjaan yang konseptual dan memecahkan suatu masalah.

Inilah beberapa karier yang sesuai untuk tipe kepribadian ini antara lain pengacara, system analyst, hingga ilmuwan.

16. ISFP – Composer

© Freepik.com

ISFP sering disebut sebagai introvert yang sebenarnya bukan introvert. Pasalnya mereka sangat senang diajak bergaul dan mudah didekati. Selain itu, mereka juga suka mencoba pengalaman baru.

Di tempat kerja mereka akan menyelesaikan tugasnya sesuai dengan jadwalnya sendiri. Hal terpenting bagi mereka adalah menghindari konfrontasi dan menjaga keharmonisan.

Beberapa jenis karier berdasarkan MBTI yang sesuai dengan tipe kepribadian ini antara lain manajer media sosial, arkeolog, hingga desainer.

Demikianlah penjelasan mengenai karier berdasarkan MBTI yang sudah Glints persiapkan untukmu.

Selain dilihat dari tipe kepribadian yang dimiliki, pastikan kamu memilih karier yang memang sesuai dengan passion dan skill yang dimiliki.

Jadi, nantinya kamu tidak merasa tertekan dan bisa lebih enjoy dengan pekerjaan yang dijalani.

Apabila masih penasaran dengan hal yang satu ini, kamu bisa mendiskusikannya di Glints Komunitas.

Di sana ada banyak profesional yang bisa membantu menjawab pertanyaanmu. Jadi, kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru dari sudut pandang orang lain.

Jadi, jangan ragu lagi! Yuk, mulai berdiskusi di Glints Komunitas sekarang juga!

Sumber

    Job Compatibility for the 16 Myers-Briggs Personality Types

    Best Careers for Your MBTI Personality Type

    Myers Briggs Type Indicator

    Here’s the best job for you based on your personality type