Karir  

Perhatikan 3 Kriteria ini Sebelum Kamu Melamar Pekerjaan lewat Situs Pencarian Kerja

Perhatikan 3 Kriteria ini Sebelum Kamu Melamar Pekerjaan lewat Situs Pencarian Kerja
Perhatikan 3 Kriteria ini Sebelum Kamu Melamar Pekerjaan lewat Situs Pencarian Kerja

idfakta.com – Menjamurnya situs pencarian kerja sekarang ini tentunya memudahkan usaha kamu dalam mencari kerja. Selain mudah, kamu juga tidak perlu lagi merogoh kocek puluhan ribu untuk setiap job fair yang kamu datangi setiap minggunya. Dengan adanya situs pencarian kerja, semuanya memang jadi serba praktis dan gratis.

Namun, ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan sebelum kamu melamar pekerjaan ke ratusan atau ribuan lowongan yang terpasang di Internet. Berikut ini 3 kriteria utama yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum klik tombol apply!

1. Lihat Tanggal Pemuatan Iklan

Kamu tentu tidak mau jika lamaran kamu diacuhkan tanpa status yang jelas. Tanggal pemuatan iklan biasanya menentukan apakah perusahaan tersebut masih membutuhkan kandidat yang dicari.

Jika iklan tersebut sudah terpasang lebih dari tiga bulan (meskipun statusnya masih dibuka), lebih baik jangan berharap terlalu banyak.

2. Cek Profil Perusahaan

Tips melamar pekerjaan lewat situs pencarian kerja selanjutnya adalah cek profil perusahaan.

Meskipun saat ini kamu betul-betul membutuhkan pekerjaan, jangan pernah asal melamar. Jangan lewatkan untuk membaca profil perusahaan yang disediakan oleh situs pencarian kerja pilihanmu.

Hal tersebut dilakukan bukan saja untuk memastikan kredibilitas perusahaan, namun juga supaya kamu lebih kenal dengan perusahaan tersebut.

Akan lebih bagus lagi jika kamu mau meluangkan waktu untuk melihat website perusahaan yang dituju terlebih dahulu.

Sekarang ini sudah banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan perusahaan-perusahaan tertentu. Salah satu yang wajib jadi bahan pertimbangan kamu adalah cek lokasi perusahaan.

Kamu tentu harus mempertimbangkan biaya transportasi dan biaya hidup jika kamu nantinya dipanggil dan diterima di pekerjaan tersebut.

Untuk kamu yang dapat panggilan kerja di luar pulau, sebaiknya pastikan dulu ya apakah lowongan pekerjaan tersebut benar adanya sebab sudah banyak penipuan yang mengatasnamakan perusahaan besar.

3. Perhatikan Persyaratan dan Deskripsi Pekerjaan

Mungkin tidak semua situs pekerjaan menyediakan deskripsi pekerjaan, namun mereka pasti memberikan kolom persyaratan.

Kalau kamu merasa lamaran kamu sering “dicuekin” perusahaan, sebaiknya kamu lihat lagi persyaratan kerja dari perusahaan tersebut. S

itus-situs pekerjaan pada umumnya menyediakan filter untuk klien mereka – para perekrut kerja. Perusahaan pilihanmu tersebut bisa saja hanya melihat kandidat dengan pengalaman sekian tahun atau yang dari latar belakang pendidikan tertentu.

Namun demikian, jangan juga menjadikan persyaratan kerja sebagai patokan. Jika kamu merasa kamu mampu melakukan pekerjaan tersebut tuliskan pengalaman dan keterampilan di cover letter atau profil online kamu.

Sebab, ada kemungkinan filter yang digunakan tim rekrutmen adalah berdasarkan kata kunci.

Jika kamu sudah melewati tiga tahap di atas, kamu bisa mulai melamar ke lowongan pekerjaan yang terpasang di situs pekerjaan online pilihanmu.

Sudah siap untuk mulai memanfaatkan situs pencarian kerja yang ada di dunia maya dengan aman dan tentunya nyaman? Yuk, cek disini untuk mulai melamar ke lowongan-lowongan pekerjaan berkualitas!