Agar Traveling Tenang, Baca Doa Bepergian Jauh Ini Sebelum Berangkat

Agar Traveling Tenang, Baca Doa Bepergian Jauh Ini Sebelum Berangkat
Agar Traveling Tenang, Baca Doa Bepergian Jauh Ini Sebelum Berangkat

idfakta.com – Ketika melakukan perjalanan jarak jauh, hati kita kerap dilanda kecemasan, baik itu terkait dengan keselamatan maupun hal lainnya. Berdoa adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menenangkan hati yang gundah.

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

2. Doa Sebelum Bepergian:

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashaakhibu fiissafari walkhaliifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

3. Doa Perlindungan Dalam Perjalanan:

Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii

Artinya: “Segala puji milik Allah yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.

Artinya: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).”

5. Doa Jika Naik Kendaraan Laut:

Bismillaahi majrehaa wa mursaahaa inna rabbii laghafuurur rahiim

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Allaahumma innii as aluka lhairahaa wakhaira ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

Itulah urutan doa bepergian jauh. Semoga tulisan ini bermanfaat dan kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. Selamat traveling ya!