Airlangga: Sero Survei Sudah 90 Persen, Mobilitas Natal dan Tahun Baru Kembali Normal

idfakta.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto mengatakan, hasil sero survei menunjukkan Indonesia sudah 90 persen relatif kebal terhadap Covid-19 .

Oleh karenanya, pada pelaksanaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 mobilitas masyarakat dapat kembali normal.

“Kita dari sero survei sudah 90 persen, relatif kebal, sehingga untuk Nataru mobilitas sudah kembali (normal),” ujar Airlangga dilansir dari siaran pers Kemenko Perekonomian, Rabu (21/11/2022).

Hasil sero survei tersebut ada kaitannya dengan capaian vaksinasi di Indonesia.

Adapun sero survei berfungsi untuk mengetahui sejauh mana kekebalan komunitas atau herd immunity masyarakat terhadap pandemi Covid-19 .

Hasil survei nantinya dapat memberikan informasi mengenai seberapa besar kekebalan komunitas yang berhasil terbentuk di Indonesia.

Metode sero survei menggunakan tes darah guna memeriksa antibodi tubuh terhadap virus.

Airlangga melanjutkan, pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ada kaitannya dengan hasil sero survei terhadap masyarakat.

Hingga saat ini, menurutnya, capaian vaksinasi di Tanah Air sudah mencapai lebih dari 440 juta dosis.

Selain itu penerapan kebijakan PPKM yang melibatkan banyak pihak baik di tingkat pusat maupun daerah, serta koordinasi intensif yang dilakukan secara rutin minimal satu minggu sekali, ikut mendukung kebijakan penanganan pandemi.

“Sebagai hasil dari berbagai kebijakan tersebut, pandemi dapat lebih terkendali dan perekonomian Indonesia terbukti mulai pulih lebih cepat. Bahkan perekonomian Indonesia berhasil tumbuh impresif sebesar 5,72 persen year on year pada kuartal ketiga 2022,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!