Alasan Pilih Azwar Anas Jadi Menpan-RB, Jokowi: “Track Record”-nya Jelas, Saya Lihat Langsung

Alasan Pilih Azwar Anas Jadi Menpan-RB, Jokowi: “Track Record”-nya Jelas, Saya Lihat Langsung
Alasan Pilih Azwar Anas Jadi Menpan-RB, Jokowi: “Track Record”-nya Jelas, Saya Lihat Langsung

idfakta.com – Presiden Joko Widodo menjelaskan alasannya memilih Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB).

Presiden mengatakan, dirinya melihat Anas sebagai sosok yang memiliki rekam jejak (track record) yang baik dalam hal reformasi birokrasi.

“Kita semua tahu Pak Azwar Anas track record-nya jelas waktu memegang birokrasi di Banyuwangi banyak sekali yang saya lihat, saya lihat langsung ke sana,” ujar Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Rabu (7/9/2022).

“Inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, inovasi-inovasi di urusan KTP, urusan perizinan, dan bisa dilakukan di pasar, di mal, saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu. Sehingga track record itu yang menyebabkan kita memilih Pak Azwar Anas,” tegas presiden.

Jokowi pun meminta agar Anas melakukan reformasi birokrasi secara cepat saat menjadi Menpan-RB.

Selain itu, Anas diminta menjadikan birokrasi pemerintah lebih melayani dan disiplin.

“Sekali lagi PAN-RB. RB-nya reformasi birokrasi. Jadi digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi,” tegas Jokowi.

“Beliau enggak usah di-anu lah. Enggak usah dipesen-pesen. Sudah ngerti apa yang harus dilakukan, sangat ngerti. Bukan ngerti, tapi sangat ngerti,” tambah presiden.

Presiden Jokowi secara resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan RB di Istana Negara, Rabu.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/P Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Adapun Abdullah Azwar Anas dikenal luas oleh publik sebagai Bupati Banyuwangi yang menjabat sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Sejak 13 Januari 2022, ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Azwar diketahui juga merupakan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Seperti diketahui, posisi Menpan-RB definitif sudah kosong selama lebih dari dua bulan setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Setelah Tjahjo Kumolo wafat, Jokowi telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD sebagai pelaksana tugas Menpan-RB.