Awkarin, Mak Beti, dan Putih Abu-Abu hadir di Video Podcast Spotify

Awkarin, Mak Beti, dan Putih Abu-Abu hadir di Video Podcast Spotify
Awkarin, Mak Beti, dan Putih Abu-Abu hadir di Video Podcast Spotify

idfakta.com – Platform streaming Spotify hari ini meluncurkan tiga original video podcast terbaru, yaitu AMAN AJA Podcast oleh influencer atau pemengaruh Awkarin, Cerita Mak Beti oleh komedian Mak Beti, dan Podcast Abu-Abu oleh sextet Putih Abu-Abu.

Sebagaimana tertulis dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta pada Kamis, masing-masing podcast tersebut telah dikuratori dan direncanakan secara cermat lewat kolaborasi antara para pembuat konten dan Spotify, untuk menghadirkan konten terbaik bagi para pendengar.

“Memperkenalkan Video Podcast di Indonesia tahun ini merupakan langkah yang sangat menyemangati kami, terlebih lagi dengan diperkenalkannya tiga Spotify Original terbaru bersama para kreator yang bertalenta ini,” kata Head of Studios for Southeast Asia Spotify Carl Zuzarte.

“Podcast ini adalah set Spotify Original pertama yang kami kembangkan untuk format video podcast di seluruh dunia. Kami sangat senang hal ini terjadi di Indonesia dan bersama kreator Indonesia. Hal ini sungguh menunjukkan wujud komitmen kami untuk membangun ekosistem podcast di Indonesia, dan secara bersamaan, memperluas deretan konten Spotify untuk dinikmati pendengar kami,” lanjutnya.

AMAN AJA, Cerita Mak Beti, dan Podkes Abu Abu, akan menghadirkan ragam topik penting tetapi juga menghibur, seperti kedewasaan, hubungan percintaan, serta potret realitas kehidupan sehari-hari masyarakat pinggiran kota.

Karin, salah satu personel Putih Abu-Abu, mengatakan berkarya dan membuat konten audio di Spotify merupakan pengalaman baru bagi dia dan rekan-rekannya. Menurutnya, Spotify sangat membantu untuk membuka potensi mereka.

“Produksi podcast yang dijalankan dengan sangat rapi dan serius bisa jadi jauh lebih sulit daripada yang terlihat. Namun, berkat dukungan Spotify kami berkesempatan untuk belajar tentang pembuatan konten yang end-to-end dari kreator lain dan lewat fitur-fitur yang ada di Spotify,” katanya.

Sedangkan Arif Muhammad, komedian di balik sosok Mak Beti, mengaku sudah sejak lama ingin mengeksplorasi format audio-first untuk pembuatan kontennya. Pria di balik karakter terkenal Mak Beti ini membagikan rencananya untuk menjaga karakter Mak Beti tetap hidup dan relevan dengan pendengar dan pemirsa di Spotify.

“Cerita Mak Beti ini menceritakan kisah Mak Beti yang menggambarkan realitas kehidupan masyarakat pinggiran kota di Indonesia. Dengan bergabung di platform baru, aku berharap dapat terkoneksi dengan lebih dalam dengan pendengarku yang dapat menikmati episode favorit mereka di mana pun mereka berada,” katanya.

Sementara Karin Novilda alias Awkarin mengatakan bahwa melalui AMAN AJA Podcast, dia ingin pendengar dan pembicara tamu memiliki ruang yang aman untuk membagikan cerita mereka.

“Dengan AMAN AJA, gue ingin membuat platform di mana setiap cerita yang diceritakan itu sejujur mungkin dan apa adanya. Setiap cerita akan memberikan beberapa pelajaran hidup dan pengingat bahwa bagaimanapun juga, kita semua hanyalah manusia,” ujar Karin.

Mulai hari ini, pendengar Spotify dapat menikmati AMAN AJA Podcast, Cerita Mak Beti, dan Podkes Abu-Abu hanya di Spotify. Acara-acara tersebut akan merilis dua episode per minggu dengan penampilan tamu spesial sekali setiap bulannya untuk Cerita Mak Beti dan Podkes Abu-Abu.