BPJS Kesehatan Depok optimalisasi program JKN

idfakta.com – Badan PenyelenggaraJaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Depok, Jawa Barat, bersama dengan anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryantomelakukan sosialisasi dalam upaya mengoptimalisasikanprogram Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Hal itu penting karena akan selalu ada warga yang butuh edukasi terkait program JKN. Jadi hal itu harus terus dilakukan agar semakin banyak warga yang paham terkait program JKN,” kata Wenny Haryanto di Depok, Selasa.

Ia mengatakan beberapa waktu lalu dia mendengar cerita seseorang yang harus membayar sendiri jaminan kesehatannya karena tidak memiliki jaminan kesehatan dan tidak terdaftar pada program JKN.

“Bayangkan saja, tiba-tiba ia harus mengeluarkan dana sampai Rp80 juta untuk penyakit yang dideritanya. Beruntung jika memang sedang memiliki tabungan sejumlah itu, bayangkan jika sedang tidak memiliki uang, karena sakit itu bisa kapan saja dan tidak bisa diprediksi,” kata Wenny Haryanto.

Ia melanjutkan bahwa setiap warga harus terjamin kesehatannya, karena itu adalah tujuan hadirnya program ini. Setiap warga dimohon saling mengingatkan dan memastikan keluarga, tetangga dan kerabatnya sudah terdaftar pada program JKN.

“Mengingat peserta pada sosialisasi tersebut adalah gabungan dari berbagai perwakilan rakyat yaitu RT/RW, anggota karang taruna,dan kader-kader terkait, saya semakin yakin perluasan informasi terkait Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bisa semakin masif,” katanya.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Depok Aan Hasanah mengatakan perkembangan teknologi yang semakin maju, tentunya seluruh peserta sosialisasi juga menggunakan handphone yang memadai untuk bisa download aplikasi Mobile JKN.

“Aplikasi ini banyak sekali kemudahan yang dapat dirasakan oleh setiap peserta dan juga mampu memangkas waktu peserta jika ada kebutuhan. Tidak selalu peserta harus ke kantor kami, karena melalui aplikasi Mobile JKN peserta dapat melakukan perubahan data atau sekedar mendapatkan informasi terbaru terkait program JKN.

Aan juga berharap segala akses kemudahan yang telah diberikan BPJS Kesehatan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh semua peserta. Apalagi pada sosialisasi kali ini jumlah peserta sebanyak 200 orang dari berbagai komunitas dan perwakilan masyarakat yang aktif di Kecamatan Pancoran Mas dan Kecamatan Cipayung, Kota Depok.

“Peran para peserta sangat dibutuhkan untuk menyebarluaskan informasi terkait program JKN demi terus menyukseskan program ini,” katanya.

error: Content is protected !!