Dinilai Tahan Krisis, Ini Prospek Bisnis Waralaba Alfamart

Dinilai Tahan Krisis, Ini Prospek Bisnis Waralaba Alfamart
Dinilai Tahan Krisis, Ini Prospek Bisnis Waralaba Alfamart

idfakta.com Ritel minimarket dinilai menjadi salah satu bidang usaha yang relatif tahan terhadap krisis. Tak hanya mampu bertahan, bahkan ritel minimarket disebut mencatatkan pertumbuhan.

Franchise Director Alfamart Soeng Peter Suryadi mengungkapkan bahwa hal ini terbukti dengan berbagai krisis yang sudah dilalui seperti krisis moneter 1998, krisis keuangan global pada 2008, hingga krisis di masa pandemi yang terjadi selama 2,5 tahun.

“Produk kebutuhan sehari hari wajib kita penuhi terlebih dulu, termasuk dalam kondisi yang sulit,” ungkap dia dalam keterangan tertulis, Selasa (11/10/2022).

Peter menambahkan, peluang usaha waralaba Alfamart mendapatkan respons positif berdasarkan pertumbuhan jumlah gerai waralaba Alfamart sejak 5 tahun terakhir. Dia mencatat, rata-rata pertumbuhan gerai waralaba Alfamart per tahun sekitar 5,2 % (compounded annual growth rate/CAGR ), sedangkan jumlah gerai waralaba Alfamart per per September 2022 mencapai lebih dari 4.500 gerai yang di Indonesia.

“Seiring dengan jumlah gerai waralaba yang terus meningkat dan lokasi gerai yang mudah dijangkau menjadikan Alfamart sebagai solusi cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari konsumen,” jelas Peter.

Peter menyampaikan apresiasinya kepada para penerima waralaba atau franchisee yang memberikan kepercayaan kepada Alfamart untuk mengelola gerainya dan menjadi bagian dari keluarga besar Alfamart.

“Atas nama perusahaan, kami ucapkan banyak terima kasih kepada franchisee Alfamart yang tetap bersemangat dan turut berkontribusi dalam melayani konsumen di masa-masa yang penuh tantangan,” jelas Peter.

Sementara itu, salah satu pewaralaba, Teguh Aaron Muir mengungkapkan, meski sempat terdampak dengan adanya pandemi beberapa tahun silam, namun ia mengaku masih bisa bangkit. Hal ini karena tim Alfamart terus melakukan perbaikan dan penyesuaian serta melakukan komunikasi intens kepada pemilik gerai waralaba.

Kondisi tersebut membuatnya bisa tetap eksis dan kini mempunyai beberapa gerai waralaba Alfamart.

“Awal pandemi sekitar Mei 2020, merasakan adanya penurunan penjualan di gerai saya, yang mungkin karena PSBB atau PPKM. Namun saya yakin Alfamart sudah menyiapkan strateginya. Dan terbukti mulai kuartal II-2021, kinerja gerai saya mulai membaik dan terus meningkat kinerjanya,” kata Aaron.

Saat ini, Alfamart sebagai salah satu jaringan ritel minimarket terbesar di Indonesia memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki usaha gerai Alfamart melalui skema waralaba. Untuk informasi lebih lanjut mengenai gerai waralaba Alfamart dapat di akses di sini.