Hujan lebat berpeluang terjadi di sebagian besar provinsi

Hujan lebat berpeluang terjadi di sebagian besar provinsi
Hujan lebat berpeluang terjadi di sebagian besar provinsi

idfakta.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini berkenaan dengan potensi hujan lebat di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Kamis.

Menurut peringatan dini cuaca BMKG, hujan lebat berpeluang mengguyur bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, serta Papua juga menghadapi potensi hujan lebat.

Sedangkan bagian wilayah Provinsi DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

BMKG juga menyampaikan peringatan perihal potensi hujan yang dapat disertai petir di KotaPalembang, Provinsi Sumatera Selatan, pada pagi hari dan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, pada siang hari, serta potensi hujan lebat di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, pada malam hari.

Di wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpeluang turun di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang hari; Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari; serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG menyampaikan bahwa Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tengah masuk dalam kategorisiaga menghadapi dampak hujan lebat, seperti banjir dan tanah longsor.

Sedangkan Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua, menurut BMKG statusnya waspada menghadapi dampak hujan lebat.