Humaniora kemarin, status PPKM di Indonesia hingga penyaluran BLT

Humaniora kemarin, status PPKM di Indonesia hingga penyaluran BLT
Humaniora kemarin, status PPKM di Indonesia hingga penyaluran BLT

idfakta.com – Sejumlah berita humaniora pada Selasa (6/9) yang banyak menarik perhatian pembaca dan masih layak untuk disimak pagi ini, mulai dari Kemendagri menyatakan bahwa semua daerah di Indonesia berstatus level 1 PPKM hingga penyaluran BLT pengalihan subsidi BBM.

Selain itu, ada berita perihal Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta penyelenggaraan Indonesian SDGs Corporate Summit dioptimalkan, serta berita tentang Menaker Ida Fauziyah mengusahakan penyaluran Bantuan Subsidi Upah 2022 mulai dilakukan pekan ini.

Berikut rangkuman sejumlah berita pada Selasa:

1.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan bahwa seluruh daerah di Indonesia statusnya berada pada level 1 untuk perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) wilayah Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali.

“Hasil asesmen PPKM kali ini dan berdasarkan pertimbangan para ahli masih ditetapkan seluruh daerah di Indonesia berada di Level 1,” kata Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA lewat pesan elektronik di Jakarta Selasa.

2.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta penyelenggaraan Indonesian SDGs Corporate Summit atau ISCOS 2022 dioptimalkan untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia dan agenda strategis pencapaian SDGs Indonesia.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sambutannya secara daring pada acara ISCOS 2022, yang diprakarsai Corporate Forum for CSR Development, yang bertujuan mendorong kesadaran dan komitmen perusahaan dalam menyelenggarakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta mensosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 untuk mencapai target SDGs 2030 di Indonesia.

3.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pihaknya mengusahakan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 akan mulai dilakukan pekan ini setelah menerima data 5.099.915 calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Mudah-mudahan minggu ini sudah tersalurkan dari Bank Himbara ke bank penerima,” kata Menaker Ida Fauziyah dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta, Selasa.

4.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) telah disalurkan di 445 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

“Pemerintah mulai menyalurkan BLT pengalihan subsidi BBM sejak 1 September 2022 dan menjangkau 514 kota/kabupaten di Indonesia. Saat ini sudah tersalurkan di 445 kabupaten/kota yang dilakukan oleh Pos (PT Pos Indonesia),” ujar Mensos Risma dalam diskusi daring FMB9ID_IKP diikuti di Jakarta, Selasa.

5.

Kementerian Sosial menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai penguat bantalan sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang kurang mampu di seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat saat menjadi narasumber dalam dialog tentang BLT BBM di Jakarta, Selasa.