Kapolri Izinkan Pertandingan Piala AFF 2022 di GBK Dihadiri Penonton, Maksimum 70 Persen Kapasitas

idfakta.com – Polri memberikan lampu hijau terkait izin penyelenggaraan pertandingan Piala AFF 2022 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa pertandingan timnas Indonesia di Piala AFF 2022 boleh dihadiri penonton di lapangan. Namun, kapasitasnya masih dibatasi hanya 70 persen dari total kapasitas stadion.

“Kami telah mengeluarkan izin untuk kegiatan Piala AFF bisa dihadiri oleh penonton. Pada saat ini kami berikan maksimal 70 persen dari kapasitas penonton,” kata usai inspeksi langsung Stadion GBK, Jakarta, Selasa.

Sigit menjelaskan, kebijakan itu diambil setelah melalui tahap penilaian risiko oleh tim kepolisian, sebagai bentuk penerapan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Kompetisi Olahraga yang baru diundangkan pada bulan Oktober lalu.

Baca Juga: Daftar Ranking FIFA Negara Peserta Piala AFF 2022, Indonesia di 5 Besar ASEAN

Menurut dia, penerapan Perpol ini dilakukan atas tindak lanjut arahan dan kebijakan Presiden Jokowi dalam rangka transformasi sepak bola nasional demi menciptakan iklim sepak bola yang lebih baik dan sesuai standar FIFA.

“Presiden telah memerintahkan untuk melaksanakan evaluasi secara total, baik dari sistem penyelenggaraan, sistem keamanan, maupun hal-hal yang menyangkut keselamatan, terkait dengan pemain dan penonton,” ucap Sigit.

Lebih lanjut, kata dia, pemberian izin penonton pada pertandingan Piala AFF 2022 ini sekaligus menjadi uji coba Perpol tersebut guna melihat kemampuan penyelenggara olahraga dari sisi pelaksanaan keamanan, keselamatan, dan pertandingan.

“Jika berhasil, bisa diselenggarakan dengan kapasitas 100 persen,” ujarnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan dengan pemberian izin tersebut, diharapkan para suporter timnas Garuda yang nanti hadir di GBK untuk mematuhi aturan yang berlaku.

Dia memastikan panitia penyelenggara dan pihak keamanan akan melakukan pemeriksaan ketat kepada penonton sebelum masuk.

“Jangan bawa apa-apa daripada nanti diperiksa. Berisiko buat mereka kalau bawa flare dan sebagainya. Lebih baik jangan karena pasti tidak akan bisa masuk,” ucap Amali.

Adapun timnas Indonesia bakal melakoni pertandingan perdana Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno pada Jumat, 23 Desember 2022.

Indonesia menargetkan juara dalam turnamen tersebut, demi mencatatkan trofi Piala AFF pertama yang sebelumnya belum pernah sekali pun dirasakan sejak kompetisi itu dihelat.***

error: Content is protected !!