Mengintip Kekayaan MenPANRB Baru Azwar Anas, Berapa?

Mengintip Kekayaan MenPANRB Baru Azwar Anas, Berapa?
Mengintip Kekayaan MenPANRB Baru Azwar Anas, Berapa?

idfakta.com – Abdullah Azwar Anas baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk sisa masa jabatan hingga 2024 mendatang.

Jika bicara mengenai menteri baru, tentu salah satu yang membuat penasaran adalah harta kekayaan yang dimilikinya. Apalagi, saat ini dalam daftar menteri Jokowi, ada sejumlah penyelenggara negara yang memiliki kekayaan yang cukup fantastis.

Mengutip laporan yang disajikan dalam laman e-LHKPN, Azwar tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp 16,38 miliar. Ia terakhir kali melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 31 Maret 2022.

Pada saat melaporkan harta kekayaannya, Azwar masih berstatus sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Mantan Bupati Banyuwangi itu memegang jabatan tersebut sejak 13 Januari 2022 lalu.

Azwar Anas tercatat memiliki 11 bidang tanah dan bangunan yang mayoritas tersebar di Banyuwangi, Jawa Timur dengan total nilai kekayaannya mencapai Rp 4,87 miliar. Azwar juga memiliki harta lainnya sebesar Rp 680 juta.

Selain itu, ia juga memiliki satu unit mobil Toyota Alphard tahun 2010 senilai Rp 180 juta, dan harta bergerak lainnya sebesar Rp 146,3 juta. Azwar juga memiliki surat berharga senilai Rp 5,97 miliar, serta harta berupa kas dan setara kas sebesar Rp 4,5 miliar.

Sebagai informasi, Azwar sendiri akan menggantikan posisi almarhum Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Jul 2022 karena komplikasi paru dan diabetes.

Nama Azwar melambung ketika menjabat sebagai Bupati Banyuwangi. Bahkan dia menjabat hingga 2 periode, sejak 21 Oktober 2010 hingga akhir jabatannya pada 17 Februari 2021. Menduduki kursi bupati, Azwar banyak mendapatkan dukungan dari Nahdatul Ulama (NU).

Azwar Anas sendiri merupakan politisi dari Partai PDIP. Sebelum merapat ke PDIP, Azwar dikenal sebagai politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa sejak 2004 hingga 2015. Dalam pemilihan gubernur Jawa Timur tiga tahun lalu, namanya sempat disandingkan dengan Gus Ipul.

Dalam karir politiknya, Azwar pernah menjadi anggota MPR termuda pada 1997. Saat itu, dirinya masih berusia 24 tahun. Dari sisi pendidikan. Azwar tercatat pernah berkuliah di IKIP Jakarta (Fakultas Teknologi Pendidikan) dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Kemudian, dia mengambil pendidikan S2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia. Pada masa mudanya, Azwar pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama masa bhakti 2000 – 2003.