Ramai Tukar Dolar AS Buat Bayar Utang Sampai Bangun Rumah

Ramai Tukar Dolar AS Buat Bayar Utang Sampai Bangun Rumah
Ramai Tukar Dolar AS Buat Bayar Utang Sampai Bangun Rumah

idfakta.com – Keoknya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ternyata dimanfaatkan sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan. Kini dolar AS sudah nyaris menyentuh Rp 15.400.

Ramainya penukaran dolar AS terpantau oleh CNBC Indonesia di VIP Money Changer, Jakarta Pusat, Selasa (11/10/2022).

Syarifudin, karyawan swasta, hari ini menukarkan dolar AS ke rupiah untuk keperluan kantor. Namun dikarenakan rupiah lagi melemah, jumlah yang dolar AS yang ditukarkan lebih banyak dari biasanya.

“Kalau harganya lagi tinggi biasanya kita tukarnya jumlahnya lebih banyak, kalau lagi rendah ya biasa aja, secukupnya saja,” terangnya kepada CNBC Indonesia.

Dia merasa situasi sekarang cukup menguntungkan bagi pemegang dolar AS. “iya, kan kalau lagi tinggi lumayan ya, dapatnya bisa lebih banyak. Kayak sekarang kita tukarnya jumlahnya lumayan banyak karena lagi tinggi kan nilainya,” paparnya.

Karyawan Money Changer tersebut mengakui banyaknya orang yang mencari keuntungan di situasi sekarang. Lemahnya rupiah juga dimanfaatkan bagi sebagian orang untuk digunakan pada kebutuhan lainnya.

“Dolar ke rupiah buat bayar hutang, renovasi rumah, dan lain-lain. Tapi biasanya diinfoinnya saving saja, tapi biasanya mereka bilang buat saving sih, jadi cenderung kebanyakan ngejual daripada beli, belipun karena terpaksa dan keperluan,” ujarnya.