Sri Mulyani: Akuntan RI, Jangan Jawab Masalah dengan Masalah!

idfakta.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa praktik Environmental, Social, and Governance (ESG) akan menjadi landasan kebijakan pemerintah ke depannya. Oleh karena itu, peran akuntan menjadi penting dalam mendukung hal ini.

Dia pun mengingatkan agar semua akuntan di dalam negeri dapat bekerja sama dengan pemerintah, mengingat Indonesia tengah berupaya untuk melepaskan diri dari jeratan middle income trap.

“Kita ingin menjadi negara dengan pendapatan tinggi tetapi dengan Environmental, Social, and Governance yang terjaga dengan baik. Ini tantangan yang tidak sederhana, semua profesi harus ikut menjawab,” ujarnya dalam Kongres XIV Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Selasa (13/12/2022).

Sri Mulyani pun berharap agar para akuntan tidak menyelesaikan segala masalah dengan menambah masalah baru.

“Ada masalah dijawab dengan solusi jangan masalah dijawab dengan masalah,” ungkapnya. Dalam kesempatan ini, dia pun menegaskan bahwa keberadaan akuntan menyebabkan masyarakat dari suatu peradaban, mampu mengorganisir dirinya menjadi lebih teratur, rapih dan terdokumentasi dengan baik.

Dengan demikian, masyarakat dari suatu peradaban bisa melakukan kegiatan yang rumit dengan menyusun suatu organisasi yang kompleks, namun tetap akuntabel.

“Itu adalah fondasi yang luar biasa yang disumbang oleh profesi akuntan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga berharap akuntan Indonesia tetap menjaga risiko timbulnya fraud dengan memegang teguh akhlak, integritas dan profesionalitas. Dia menambahkan akuntan harus terus menjadi pilar yang menjaga kepercayaan publik.

“Profesi akuntan harus dijaga bersama karena dia menjadi profesi yang diandalkan oleh seluruh pengambil keputusan,” tegas Sri Mulyani.

error: Content is protected !!