Wapres terima Yayasan Pengembangan Budaya Minahasa

idfakta.com – Wakil Presiden RIMa’ruf Amin saat menerima Yayasan Pengembangan Budaya Minahasa di Jakarta, Selasa, menyatakan kesediaannya membuka Pra-Kongres Budaya Minahasa pada bulan Desember 2022.

“Siang ini sampai sore Wapres menerima beberapa tamu dan ada beberapa acara. Salah satu yang penting tadi menerima tamu dari organisasi budaya daerah Minahasa, ada Pak Theo Sambuaga dan kawan-kawan datang dan memohon agar Wapres bisa hadir membuka prakongres yang insyaallah pada bulan Desember ini,” kata Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangan secara daring di Jakarta, Selasa.

Masduki mengatakan bahwa Yayasan Pengembangan Budaya Minahasa sudah 20 tahun lebih berdiri dan secara periodik melaksanakan berbagai kegiatan kebudayaan, sebagai bentuk penguatan dan pengembangan budaya daerah untuk kepentingan kebudayaan nasional.

Menurut Masduki, Wapres merespons dengan baik dan sangat mengapresiasi terhadap apa yang disebut dengan kearifan lokal.

“Jadi, setiap budaya di berbagai daerah itu pasti ada local wisdom yang sangat-sangat bermanfaat untuk menjadi akar penting bagi kerukunan umat, kerukunan rakyat di Indonesia. Salah satu unsur penting local wisdom itu menurut Wapres adalah nilai-nilai kemanusiaan dan persaudaraan yang ada di balik dari local wisdom itu,” jelasnya.

Ia menyampaikan bahwaWapres berpandangan pentingnya membangun budaya lokal untuk kepentingan budaya nasional, terutama untuk membangun persaudaraansehingga perekatan antara satu budaya dan budaya yang lain akan dapat menunjukkan Indonesia sebagai negara berlatar belakang bangsa yang berbeda-beda namun tetap bisa menjaga nilai persaudaraan.

Oleh karena itu,kata Masduki, Wapres mengapresiasi dan menyanggupi untuk menghadiri dan membuka acara Pra-Kongres Budaya Minahasa.

error: Content is protected !!