News  

5 Cara Menggunakan Cat untuk Membuat Ruangan Lebih Cerah Halaman all

5 Cara Menggunakan Cat untuk Membuat Ruangan Lebih Cerah Halaman all
5 Cara Menggunakan Cat untuk Membuat Ruangan Lebih Cerah Halaman all

JAKARTA, KOMPAS.com – Pencahayaan adalah hal penting yang harus dimiliki setiap ruangan. Pencahayaan dapat memberikan kesan lebih terang dan luas pada ruangan mana pun.

Namun, tidak semua ruangan diciptakan sama dalam hal jendela dan pencahayaan alami. 

5 Cara Memilih Warna Cat yang Dapat Membantu Tidur Berkualitas

Untungnya, desainer interior dan pendiri perusahaan cat Clare, Nicole Gibbons, mengatakan warna cat yang tepat dapat membuat ruangan gelap tampak lebih cerah.

Dilansir dari Hunker, Selasa (8/11/2022), berikut beberapa cara menggunakan cat untuk membuat ruangan lebih cerah.  

Ukuran penting

Shutterstock/New Africa Ilustrasi cat, Ilustrasi sample warna cat.

Gibbons mengatakan ukuran ruangan penting diperhitungkan saat memilih warna cat. Ia mengatakan jika ruang tidak menerima banyak cahaya, pilih warna netral yang sejuk seperti putih pudar atau abu-abu. 

Warna ini tidak hanya membuat ruang terasa lebih terang, tetapi juga membantu memantulkan cahaya ke sekeliling yang membuat ruang kecil terasa lebih besar.

Jika ruang lebih besar dan terbuka, cobalah warna yang lebih cerah pada dinding seperti biru-hijau yang membawa sedikit energi ke ruangan, tapi memiliki getaran yang santai serta menenangkan.  

4 Warna Cat Terbaik untuk Ruang Kerja

Bersinar, tapi terang

Warna cerah dan lapang dapat memantulkan lebih banyak cahaya serta membantu membuka ruangan.

“Saya suka menggunakan warna terang dan lapang seperti putih pucat yang hangat dan abu-abu pucat untuk membantu menciptakan perasaan keterbukaan di sebuah ruangan,” jelas Gibbons.

Selain itu, warna yang lebih terang akan membantu memaksimalkan sedikit cahaya alami yang masuk ke ruangan. Namun, daripada memilih putih, pilihlah warna sedikit halus untuk memberi ruang kepribadian dan kehangatan. 

5 Warna Cat yang Dapat Menimbulkan Kecemasan

Pikiran hasil akhir cat

Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat.

Ketika hendak memilih hasil akhir, Gibbons merekomendasikan memilih satu dengan kilau yang nyaris tidak ada menambah kedalaman dan dimensi pada dinding sambil menyembunyikan ketidaksempurnaan.

“Hindari kilau lebih tinggi di ruang dengan sedikit cahaya alami karena ketika menyalakan lampu buatan di ruang, Anda akan melihat silau yang tidak sedap dipandang di mana pun ada cahaya,” jelasnya. 

Oleskan cat dengan lancar

Gibbons mengatakan tidak ada trik cat yang tepat untuk mengecat ke dinding. Dia mengatakan hasil akhir yang halus akan membuat perbedaan besar dalam hal suasana sehingga usahakan mengecat dengan halus dan hasilnya merata. 

5 Jenis Hasil Akhir Cat Dinding dan Tampilannya di Ruangan  

Jangan lupakan plafon

Gibbons mengatakan jangan lupakan mengecat plafon karena ini adalah dinding kelima dan merupakan permukaan yang sering diabaikan.

Mengecat ulang plafon dengan warna putih cerah dapat memberikan keajaiban untuk membuka ruang. Putih akan memantulkan lebih banyak cahaya dan memastikan bahwa segala sesuatu di ruangan terlihat lebih cerah.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari news.google.com.