News  

Branding Jurusan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki Malang Gelar Expo dan Bazar

Branding Jurusan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki Malang Gelar Expo dan Bazar
Branding Jurusan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki Malang Gelar Expo dan Bazar

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maliki Malang gelar Expo dan Bazar pada 7 – 8 November 2022. Bertempat di parkiran Masjid At-Tarbiyah atau barat gedung Microteaching, agenda ini ramai dihadiri mahasiswa UIN Maliki Malang.

Expo dan bazar ini merupakan kolaborasi dengan pihak fakultas yang dieksekusi oleh pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FITK UIN Maliki Malang. Expo dan bazar yang diadakan selama dua hari ini pusat sasarannya adalah mahasiswa FITK sendiri, tetapi juga tidak menutup kesempatan kepada mahasiswa dari fakultas lain untuk ikut menghadiri acara ini.

Contoh Branding Jurusan dengan Menunjukkan Karya, Sertifikat, dan Piala oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (FOTO: Afdalina Amalul Hadist/TIMES Indonesia)

“Dalam program kerja DEMA ada yang namanya FITK Festival, biar efektif dan efisien, kita masukkan bazar dan expo ini ke dalam rangkaian festival itu. Kebetulan pada tahun ini, Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan FITK menganggarkan untuk expo dan bazar ini,” terang Rafi Jauhari sebagai Ketua Pelaksana FITK Festival sekaligus mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam semester 5.

Sebagai informasi, FITK Festival merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FITK UIN Maliki Malang. Di tahun 2022 ini, FITK Festival mengusung tema “Membangun Generasi Pendidik yang Berwawasan, Bertalenta dan Berbudaya.”

Dalam pelaksanaan expo dan bazar, tujuan utamanya adalah untuk mewadahi Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) seperti Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Senat Mahasiswa (SEMA), dan International Class Program (ICP) untuk branding jurusannya masing-masing.

Branding jurusan bisa dilakukan dengan banyak hal. Contohnya di expo dan bazar yang sedang diadakan oleh mahasiswa FITK ini, kita pakai metode menunjukkan prestasi yang telah diraih oleh jurusan masing-masing. Seperti piala dan sertifikat penghargaan saat memenangkan lomba. Selain itu, mereka bisa berkreasi tentang konsep yang akan dipakai saat dilaksanakannya expo dan bazar itu sendiri,” lanjut Rafi.

Branding jurusan yang sedang dilakukan oleh mahasiswa FITK dilakukan untuk menyambut kengan ketua jurusan program studi Tadris Bahasa Inggris Se-Indonesia yang nantinya akan ng ke UIN Maliki Malang. Sehingga, dengan cara se-kreatif mungkin, jurusan dalam fakultas tersebut akan memberikan penampilan yang merepresentasikan jurusannya masing-masing.

Seperti yang dibawakan mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI), beberapa mahasiswa yang andil dalam expo mengenakan pakaian dengan tema Harry Potter.  

“Kami dari mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris memakai Harry Potter sebagai dresscode. Hal ini dilakukan karena sebagai mahasiswa jurusan bahasa inggris, kita kerap kali memakai film untuk metode pembelajaran. Salah satunya Harry Potter, film berbahasa Inggris tersebut seringkali dijadikan sumber berlatih aksen British. Sehingga kami merasa bisa merepresentasikan jurusan kami melalui kostum ini.” ungkap Mira Asmira, salah satu mahasiswi Program Studi Tadris Bahasa Inggris.

Dengan pelaksanaan expo dan bazar ini, panitia mengharapkan agar tidak stuck di satu periode ini saja. Namun juga terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Mengingat beberapa jurusan yang masih baru di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang tentunya perlu branding agar lebih dikenal oleh masyarakat umum. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari news.google.com.