News  

Genjot Percepatan Pembangunan Desa, Gus Halim: Peran Pertides Krusial

Genjot Percepatan Pembangunan Desa, Gus Halim: Peran Pertides Krusial
Genjot Percepatan Pembangunan Desa, Gus Halim: Peran Pertides Krusial

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim. Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menegaskan peran perguruan tinggi sangat krusial dalam mempercepat pembangunan desa.

Terutama pada dua target pokok pembangunan desa yakni pertumbuhan ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia.

“Masukan maupun saran dari 78 kampus yang tergabung dalam Perguruaan Tinggi untuk Desa (Pertides) sangat krusial bagi kami terutama dalam mempercepat pembangunan desa dalam dua hal pokok, yakni pertumbuhan ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia di kawasan perdesaan,” ujar Gus Halim saat mengadiri Forum Pertides di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Gus Halim mengatakan Kemendes PDTT terus melakukan berbagai upaya terobosan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi maupun pengembangan SDM desa.

Menurut dia, langkah terobosan tersebut dalam bentuk regulasi maupun program praktis di lapangan yang memberikan dampak langsung di lapangan.

“Di sinilah peran dari Pertides dalam memberikan masukan kongkret bagi Kemendes PDTT untuk mewujudkan regulasi maupun program yang mendorong percepatan peningkatan perekonomian di kawasan pedesaan sekaligus peningkatan kualitas SDM-nya. Baik dalam jangka pendek (2022-2023) maupun jangka panjang (2024-2045),” ujar Gus Halim.
Upaya meningkatan pertumbuhan ekonomi, lanjut Gus Halim saat ini telah muncul regulasi yang memastikan status hukum Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) sehingga kinerjanya lebih leluasa.

Dari segi program Kemendes PDTT telah meluncurkan program penyelamatan aset PNPM menjadi BUMDESA Bersama, program desa peternakan terpadu berkelanjutan, hingga meluncurkan aplikasi desa wisata yang memudahkan para wisatawan mendapatkan informasi dan layanan terbaik.

“Sedangkan dari pengembangan SDM kita fokus menekan angka stunting hingga adanya program rekognisi pembelajaran lampau untuk meningkatan kualitas SDM jajaran perangkat desa,” katanya.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim menegaskan peran perguruan tinggi sangat krusial dalam mempercepat pembangunan desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


Artikel ini bersumber dari news.google.com.