News  

Gubernur Khofifah Terima Penghargaan Inisiator Komunikasi Digital Pertama di Indonesia

Gubernur Khofifah Terima Penghargaan Inisiator Komunikasi Digital Pertama di Indonesia
Gubernur Khofifah Terima Penghargaan Inisiator Komunikasi Digital Pertama di Indonesia

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Gubernur Khofifah Indar Parawansa meraih penghargaan dari Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat sebagai Inisiator Komunikasi Digital Pertama di Indonesia. 

Penghargaan tersebut diserahkan dalam Konferensi Nasional Komunikasi (KNK) yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (8/11/2022). Dalam acara ini juga dilaksanakan Pelantikan ISKI Jatim periode 2022-2025 yang diketuai oleh Prof Rachmah Ida. 

“Komunikasi digital adalah bagian dari proses membangun koneksi yang lebih luas. Saya berpesan kepada seluruh pimpinan ISKI Jatim untuk bisa memberikan rekomendasi strategis dalam rangka menjaga NKRI ini melalui komunikasi yang tumbuh secara produktif dan konstruktif, bukan destruktif,” ujar Gubernur Khofifah. 

Wakil Ketua Umum ISKI Pusat, Leila Mona Ganiem mengatakan bahwa ISKI merupakan wadah yang menaungi akademisi maupun praktisi untuk menyelesaikan isu-isu komunikasi. ISKI juga terus berupaya mewujudkan budaya komunikasi menuju Indonesia Maju, Sejahtera, dan Berkeadilan. 

“Kami tidak hanya mengadakan konferensi nasional, tapi juga internasional. Kami juga mengadakan komunikasi kebangsaan yang dicanangkan pada tahun 2019 di titik nol Indonesia, yaitu di Sabang, Aceh. Kami mendeklarasikan bahwa ISKI mendukung kebebasan komunikasi dengan penuh tanggung jawab, dinamis, dan solidaritas,” jelasnya. 

Adapun Ketua ISKI Jatim, Rachmah Ida mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkontribusi mendukung roda pemerintahan di Jawa Timur baik dari sisi sosial, politik, kultural, dan sebagainya. 

“Kami siap memberikan dukungan program pembangunan masyarakat di Jatim. Kami bisa menyiapkan resources, ada 65 ribu lulusan komunikasi yang sudah bergabung di ISKI Jatim,” terang Ida. 

Dalam acara ini, juga ada juga talkshow tentang Komunikasi Digital yang menghadirkan narasumber yaitu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jatim, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). 

Kontribusi Lewat Komunikasi

Ketua ISKI Jatim Prof Rachma Ida mengatakan bahwa organisasi ini ingin berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia. 

“Karena banyak isu-isu yang perlu kita selesaikan bersama terkait dengan komunikasi,” kata Prof Rachmah. 

ISKI yang terdiri dari para  praktisi dan akademisi komunikasi berfokus pada semua hal terkait komunikasi. 

Prof Rachma menyebutkan, jika selama ini program studi komunikasi juga banyak diminati dan Indonesia merupakan terbanyak di antara negara se-Asia Pasifik. “Posisi ini penting untuk Indonesia,” tandasnya.

Untuk itu setiap tahun ISKI menyelenggarakan konferensi nasional dan internasional di berbagai tempat. Dan tahun ini Surabaya akan menjadi tuan rumah kegiatan konferensi tahunan. 

Selain aktif menggelar komunikasi antar lembaga, ISKI juga membuat program komunikasi kebangsaan. 

“Tahun ini adakan di Surabaya pada tanggal 7 November kemarin. Kami mendeklarasikan ISKI mendukung kebebasan komunikasi dengan penuh tanggung jawab,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, Prof Rachmah mengungkapkan bahwa komunikasi harus dijunjung tinggi, didorong secara dinamis dan solidaritas sosial dengan komunikasi berkualitas. 

ISKI bertekad untuk mewujudkan budaya komunikasi yang baik, bermartabat menuju Indonesia maju, sejahtera, berkeadilan, dan harmonis. Oleh karena itu, ISKI membutuhkan dukungan dari stakeholder terutama peran pemerintah.(*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari news.google.com.