News  

Mau Lulus Ujian SIM? Ikuti Bimbel Gratis dari Polresta Bandung

Mau Lulus Ujian SIM? Ikuti Bimbel Gratis dari Polresta Bandung
Mau Lulus Ujian SIM? Ikuti Bimbel Gratis dari Polresta Bandung

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Polresta Bandung mulai menggelar bimbingan belajar (bimbel) pelatihan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ujian SIM. Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan bimbel tersebut berawal dari program Jumat Curhat. Dimana pada kegiatan tersebut ada salah satu warga yang mengeluh terkait pembuatan SIM.

“Kemarin pada saat kami melaksanakan Jumat Curhat, ada warga masyarakat yang meminta untuk adanya bimbingan pelatihan bagi yang akan melaksanakan ujian Sim,” kata Kapolresta Bandung, Selasa (8/11/2022).

Kapolresta menjelaskan dengan adanya curhatan warga tersebut, pihaknya membuatkan jadwal pelatihan ujian SIM.

“Bimbel ini kami laksanakan tiga kali dalam seminggu, yang pertama adalah hari Selasa, kedua hari Kamis dan ketiga hari Minggu,” sebutnya.

“Yang hari Selasa dan Kamis itu pelaksanaanya di Satpas Polresta Bandung dan hari Minggu di Al-Fathu, Soreang, tepatnya di lokasi car free day,” sambungnya.

Lebih lanjut Kusworo menegaskan adanya bimbel ini, masyarakat bisa mengetahui item-item apa saja yang akan dilatih.

“Peserta nanti bisa menyiapkan mental juga, sehingga pada saat pelaksanaan ujian ini dari segi skill maupun dari mental mereka sudah siap. Sehingga tidak mengalami kendala dalam pelaksanaan ujian kepemilikan SIM,” tuturnya.

“Siapapun warga masyarakat yang ingin mengikuti bimbel ini silahkan ng ke Polresta Bandung dan gratis,” tutup Kusworo.

Ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) barangkali masih menjadi sesuatu yang sangat sulit bagi sebagian orang. Tak sedikit orang yang harus mengulang atau gagal berkali-kali dalam pembuatan SIM baru.

Saat kegiatan Jumat Curhat di Kecamatan Katapang yang langsung dipimpin oleh Kapolresta Bandung Kombespol Kusworo Wibowo SH, SIK, MH yang didampingi oleh Kasatlantas Kompol Rislam Harfian SH, SIK, MM dan beberapa pejabat utama Polresta Bandung.

Salah satu warga menanyakan saat ujian SIM cukup kesulitan saat mengikuti ujian baik teori maupun praktek.

Kapolresta Bandung langsung merespon dengan cepat sebagai solusi, kini kepolisian punya cara jitu agar para pemohon bisa lulus ujian dan memiliki SIM sesuai dengan yang diinginkan.

“Seperti Satlantas Polresta Bandung yang memberikan pelatihan lewat bimbingan belajar (bimbel) ujian SIM secara gratis bagi masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya,” kata Kapolresta.

Kombes Pol Kusworo menjelaskan bimbel tersebut dilaksanakan setiap hari minggu di lokasi Car Free Day, Soreang dan hari lainnya melalui kegiatan safety riding ke sekolah-sekolah serta perusahaan atau pabrik.

Sebenarnya kegiatan safety riding sudah rutin dilaksanakan, namun sebagai respon cepat dan sebagai solusi kepada masyarakat yang akan mengurus SIM.

“Ke depannya kegiatan bimbel juga akan dilaksanakan secara rutin dan keliling ke tiap-tiap kecamatan,” tuturnya.

“Bisa di Kantor Polsek, kecamatan, alun-alun atau tempat lainnya yang memungkinkan untuk bisa dijadikan tempat pelaksanaan bimbel yang menjadi tempat mobilitas masyarakat,” ujar Kusworo.

Harapannya, tingginya animo masyarakat untuk memiliki SIM, tidak perlu lagi takut ataupun galau dalam melaksanakan ujian SIM. Sehingga masyarakat dapat memiliki SIM dengan mudah sesuai dengan yang diharapkan.

Satlantas Polrestabes Bandung juga rutin menggelar giat bimbingan dan penyuluhan mengenai safety riding. Kegiatan yang melibatkan masyarakat umum ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini juga diadakan untuk menjalin kemitraan dengan masyarakat dan pemahaman warga terhadap keamanan berkendara bisa meningkat.

Safety riding juga kerap disosialisasikan Satlantas Polresta Bandung kepada para pelajar untuk memahami tentang bahayanya kecelakaan, pengenalan dasar-dasar berlalu lintas. Mulai dari syarat-syarat berkendara, kelengkapan kendaraan, tata cara berkendara, pengenalan rambu-rambu, aturan UU yang berlaku dan lainnya.(*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari news.google.com.